Tinta Habis, Disdukcapil Rokan Hulu Hentikan Cetak KTP Elektronik

Tinta Habis, Disdukcapil Rokan Hulu Hentikan Cetak KTP Elektronik
Ilustrasi (Photo: Internet)

ROHUL - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terpaksa menghentikan proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau yang akrab sebut e-KTP, karena kehabisan stok Ribbon tinta khusus printer.

Penghentian proses cetak e-KTP ini sudah berlangsung selama dua pekan. Kendati demikian, pihak Disdukcapil Rohul tetap melakukan perekaman bagi masyarakat yang mengurus kartu kependudukan. Sedangkan untuk pengganti KTP sementara, Disdukcapil Rohul bakal menerbitkan surat keterangan (Suket).

Hal itu disampaikan, Kepala Disdukcapil Rohul, Syaiful Bahri SSos melalui Kepala Bidang Kependudukan Irwan menyebutkan, pengadaan Ribbon atau tinta khusus printer buat pencetakan e-KTP tersebut sudah dianggarkan dalam APBD murni tahun 2018, namun karena APBD Rohul itu sempat ada permasalahan, maka pengadaan Ribbon tertunda.

"Beruntung pencetakan e-KTP bulan Januari hingga akhir Maret kemarin masih dapat dibuat, karena masih ada stok Ribbon tahun 2017 lalu," terangnya kepada wartawan, Kamis (12/4/2018), sebagaimana dilansir Media Center Riau.

Irwan menambahkan, meski pencetakan e-KTP terhambat, namun pelayanan perekaman tetap dilayani dengan baik. Bahkan Disdukcapil Rohul aktif melakukan perekaman offline ke desa-desa.

"Sejauh ini, kami sudah mengeluarkan 509 suket sebagai pengganti KTP sementara. Dan mudah-mudahan pencetakan e-KTP bisa terlaksana secepatnya," harapnya.

Lebih lanjut, untuk ketersedian blangko e-KTP, Irwan mengaku Disdukcapil Rohul masih mempunyai stok blanko sekitar 8.000 keping. Kemudian, katanya dari data Disdukcapil terdapat 10.617 warga yang e-KTP masih dalam tahap penunggakan data, akibat habisnya stok Ribbon. (mcr/mcr)

#Pemkab Rohul

Index

Berita Lainnya

Index