Riau Jadi Tuan Rumah Kongres Nasional Ikatan Apoteker Indonesia

Riau Jadi Tuan Rumah Kongres Nasional Ikatan Apoteker Indonesia

PEKANBARU - Menjadi agenda rutin yang dilaksanakan empat tahun sekali, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) mengadakan Kongres Nasional XX IAI di Riau.

Kongres nasional merupakan organ pemegang kekuasaan tertinggi dari IAI yang dilakukan untuk mengganti kepungurusan Pengurus Pusat dan juga membahas AD/ART organisasi.

Kongres ini akan dimulai pada 18 April 2018 mendatang di Hotel Labersa Kampar. kegiatan ini juga akan dibarengi dengan agenda tahunan yakni Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang terdiri berupa simposium, workshop, dan sebagainya.

Agenda ini juga menjadi ajang silaturhami para perawat yang tergabung dalam IAI. Selain itu juga ada bazar-bazar dan yang meramaikan kegiatan tersebut.

“Berdasarkan rencana, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan dan juga keynote speech dari Menperin RI pada 19 April,” kata Wakil Ketua Panitia Kongres Nasional XX IAI, Dr Hilwan Yuda Teruna Msi Apt pada Sabtu (14/4/2018).

Hilwan juga mengatakan bahwa jumlah peserta yang mendaftar pada event ini sudah mencapai 1.800 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah ini menjadi jumlah terbanyak pada perhelatan Kongres IAI yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

“Jumlah ini juga kemungkinan akan terus meningkat karena masih ada tiga hari lagi waktu untuk mendaftar,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IAI, Drs Nurul Falah Eddy Pariang mengatakan bahwa kongres menjadi agenda penting bagi IAI dalam menjalankan fungsinya sesuai AD/ART. 

Dalam kongres ini akan dirumuskan juga program-program yang akan dilaksanakan selama  empat tahun kepungurusan yang baru. “Termasuk juga di kongres menjadi wadah untuk merevisi AD/ART, di mana kita ingin mengubah logo lama IAI menjadi yang baru,” sebutnya.

Nurul juga mengatakan bahwa dalam salah satu program ke depan yang akan dicanangkan yang menigkatkan sinergi para apoteker dengan insan kesehatan lain.

Selain itu peningkatan kompetensi apoteker juga menjadi perhatian karena saat ini semakin banyak kebutuhan apoteker dari banyak fasilitas kesehatan. “ini sesuai dengan tema kongres kita yakni Trested Pharmacist for Better Quality of Life,” sebut Nurul.

Kegiatan kongres ini juga terlaksanan atas kerjasama banyak pihak. Dari Riau sendiri ada beberapa perguruan tinggi yang bekerjasama dengan IAI untuk menyukseskan kongres dan PIT. “Kita juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah melalui Dinkes Riau,” tambah Nurul.

Nurul berharap Kongres Nasional yang akan diselenggarakan beberapa hari lagi ini bisa berlangsung dengan lancar dan membawa banyak manfaat.

(mcr/mcr)

Berita Lainnya

Index