5 Keunggulan Tentang Mobil Hybrid

5 Keunggulan Tentang Mobil Hybrid
Foto by Nissan Indonesia

JAKARTA - Di Indonesia, mobil hybrid atau hibrida dinilai bisa mengatasi gejolak harga bahan bakar dunia. Apa istimewa dan keunggulan mobil jenis ini?

Dilansir Merdeka dari Nissan Indonesia, berikut beberapa keunggulan mobil hybrid.

Mobil Hybrid Memiliki Dua Sumber Daya
Jenis mobil ini menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaga. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hibrida memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya.

Sumber tenaga ini memang tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin yang digunakan sebagai sumber daya utama dan mesin baterai digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan.

Mobil Hybrid Bukanlah Penemuan Terbaru
Apabila mobil hybrid belakangan ini sedang gencar-gencarnya dibicarakan sebagai solusi ramah lingkungan, faktanya teknologi hybrid bukanlah sebuah teknologi baru. Sejak 1902, seorang pria bernama Ferdinand Porsche menciptakan mobil bermesin hybrid seutuhnya yang diberi nama Mixte.

Mobil hybrid pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. Pada tahun 1997, mobil hybrid komersial pertama pun diproduksi oleh salah satu brand mobil ternama yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun itu.

Bukanlah Satu-Satunya Contoh dari Teknologi Hibrida
Teknologi hibrida bukanlah suatu perkembangan teknologi terbaru dan sudah hadir sejak beberapa tahun seperti yang tercata di atas. Teknologi ini juga sudah pernah dicoba dan digunakan dalam lokomotif, kapal selam, truk penambangan, dan lainnya. Mobil adalah penerapan mesin hybrid yang paling sering ditemukan.

Alternatif Kendaraan yang Sangat Baik
Bagi sebagain besar orang, mobil hybrid kini telah menjadi alternatif kendaraan yang sangat baik dibandingkan dengan kendaraan konvensional lainnya karena dapat menghemat bensin lebih lama.

Banyak mobil hybrid yang kini memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional sehingga dapat memberika penghematan biaya yang lebih banyak bagi para penggunanya. Kini juga telah banyak montir yang terlatih untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin pada mobil hybrid dan juga memiliki biaya yang murah.

Manfaat Mobil Bertenaga Hybrid
Selain diketahui dapat mengurangi polusi hingga 90 persen, mobil hybrid juga diketahui memiliki biaya perawatan yang lebih murah karena biaya perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional.

Meskipun memiliki harga baterai yang lebih mahal, masa hidup dari baterai tersebut memiliki garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup.

Sehingga jika otolovers menjadikan mobil ini sebagai investasi, harga penjualannya tidak banyak berubah. Mobil hybrid juga memiliki suara yang hampir sama sekali terdengar dan juga sangat nyaman dikendarai.

Bahkan ketika otolovers sedang terjebak macet, maka bensin akan otomatis mati dan mobil akan dijalankan menggunakan energi baterai yang sudah disimpan.

(mdk/mdk)

#Tips Mobil

Index

Berita Lainnya

Index