Rokan Hulu Dapat Bantuan Program Kelompok Usaha Bersama

Rokan Hulu Dapat Bantuan Program Kelompok Usaha Bersama

PASIR PANGARAIAN - Siap-siap bagi masyarakat ekonomi lemah, tahun ini Pemerintah Pusat menyalurkan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Salah satu daerah mendapat program ini adalah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yakni, 40 kelompok.

Masing-masing kelompok itu diberikan bantuan dana sebesar Rp20 juta, sehingga total anggaran APBN yang dikucurkan sebesar 800 juta. Bantuan yang diberikan itu nantinya diperuntukan untuk membuka bidang usaha, ada dua bidang usaha yang difokuskan peternakan dan depot air mineral.

Informasi ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Anak dan Perlindunga Perempuan (Disos P3A) Rohul, Drs M Ruslan MSi melalui Sekretaris Damri Poti mengatakan, masing-masing KUBE itu terdiri dari 10 orang. Buat satu kelompok itu mendapat dana 20 juta, yang digunakan sebagai modal usaha.
 
“Program tersebut sasarannya dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga miskin, yang sudah sudah masuk basis data terpadu sumbernya dari Badan Pusat Statisti (BPS)," jelas Damri kepada wartawan, Senin (27/5/2018).

Dirinya juga menerangkan, tahapan yang dilakukan sebelum bantuan itu bisa diterima, pertama pihaknya akan melakukan pengumpulan calon penerima bantuan, kemudian menampung usulan usaha yang akan dibuka, baru nantinya melaporkan ke intansi terkait, hingga proses pengiriman dana. 

"Bantuan itu bisa saja di bulan Ramadan ini, atau paling lama habis lebaran, bantuan sudah bisa diterima. Dan untuk dana itu langsung dikirim ke rekening masing-masing kelompok, dan teknisnya akan didampingi petugas," ujarnya.

Damri juga menambahkan, bantuan program KUBE tersebut diprioritaskan untuk usaha ternak sapi, ternak kambing, lele dumbo, usaha isi ulang air masak. Dia berharap, lewat bantuan itu bisa menopang perekonomian masyarakat melalui usaha yang ditetapkan.

[mcr/mcr]

#Pemkab Rohul

Index

Berita Lainnya

Index