BBPOM Riau Imbau Masyarakat Teliti Memilih Makanan Berbuka

BBPOM Riau Imbau Masyarakat Teliti Memilih Makanan Berbuka

PASIR PANGARAIAN - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Riau menghimbau kepada seluruh warga agar berhati-hati membeli makanan dan minuman untuk menu buka puasa.

Warga diminta telaten terhadap menu yang akan dibeli, jika menemukan menu warnanya berpendar atau cerah, sebagusnya tidak dihiraukan.

Disampaikan Kasi Pemeriksaan BBPOM Provinsi Riau, Emi Amalia kepada wartawan, Rodamin B atau pewarna tekstil sifatnya tokxit kumulatif mulai dari terjadinya iritasi sampai dengan sakit hati lever dalam jangka panjang dan bahkan bisa menimbulkan kanker hati.

Oleh sebab itu, pihak BBPOM akan merekomendasi Diskes Rohul dan Dinperindag agar menelusuri kemungkinan masih adanya penggunaan rodamin b dalam pangan di sejumlah Pasar Ramadan, serta melakukan pembinaan kepada pedagang.

Ini merupakan tindak lanjut Itensifikasi pegawasan takjil dan bahan makanan di sejumlah lokasi seperti Pasar Ramadan Kelurahan Pasir Pengaraian, Pasar Ramadan jalan Tuanku Tambusai (depan pasar modren), dan Pasar Ramadan di jalan Tuanku Tambusai (depan SDN 2), serta Pasar Modren Pasir Pengaraian.

Dimana tim membeli sebanyak 50 sampel takjil serta bahan makanan dari pedagang, untuk dilakukan pengujian Kandungan Formalin, Rodamin B, Metamin Yellow dan Borax dalam makanan di Mobil Laboratorium BBPOM.

"Dari 50 sampel yang diuji, 4 sampel dinyatakan positif mengandung perwarna tekstil atau Rodamin B, 4 sampel tersebut ditemukan pada produk cendol dan terasi di 4 pedagang yang berbeda di Pasar Modren Pasir Pengaraian," jelas Emi Amalia, Rabu (30/5/2018).

Dari temuan itu, pihaknya langsung menyita sisa pangan yang dijual pedagang. Kemudian, para pedagang juga diberi arahan, untuk tidak melakukan hal yang sama.

"Kita juga berharap kesadaran dari para pedagang, jangan mencampur makanan dengan bahan berbahaya," pesannya.

[Media Center Riau]

#BPOM

Index

Berita Lainnya

Index