• Follow Us On : 

Pastikan Pelayanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan 2018


Redaksi | Senin,04 Juni 2018 - 18:42:12 WIB
Dibaca: 518 kali 
Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan 2018

DUMAI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap berhak mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan selama libur lebaran Idul Fitri 1439H, tepatnya H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Drg Nora Duilita Manurung dalam konferensi pers bertema "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan", sekaligus Media Ghatering Semester Pertama dan ditutup dengan acara buka bersama. Senin (04/06/2018) sore.

Untuk peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat menjalani mudik ke luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Program JKN-KIS bisa dirasakan saat mudik lebaran. Peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP, walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut. Ini sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” kata Nora.

Nora menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Pada keadaaan gawatdarurat seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta,” imbaunya.

Lebih lanjut, Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS dan memastikan status kepersertaan aktif.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, peserta diminta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Pengecekan iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Lanjut Nora, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai dengan anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Selain itu, Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 – 12.00.

Sementara itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9 – 14 Juni 2018 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.***

[iskan]


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis,27 April 2017 - 12:30:10 WIB

Bocah Sopir Angkot Mengaku Hanya Kemudikan Mobil Jarak Dekat

BANDUNG (WAHANARIAU) -- GMA, bocah Sekolah Dasar yang menjadi viral di media sosial ini mengaku meng

Jumat,09 Maret 2018 - 13:44:36 WIB

Tol Trans Jakarta-Surabaya Ditargetkan Digunakan Mudik Tahun Ini

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Jalan To

Kamis,15 Juni 2017 - 23:22:02 WIB

Slogan Baru Kemenhub untuk Mudik Lebaran 2017

JAKARTA - Untuk arus mudik lebaran 2017, Kementerian Perhubungan memiliki slogan atau tagline baru y

Sabtu,02 Juli 2016 - 13:18:44 WIB

Cerita 'Horor' Jalur Brebes, Tewaskan Puluhan Pemudik

Wahanariau - Pulang kampung menjadi momen paling ditunggu saat Lebaran tiba. Demi Lebaran di kampung

Kamis,09 Juli 2015 - 02:54:39 WIB

Sniper Siaga di Jalur Mudik

WahanaRiau.Com, Jawa Tengah - Polda Jawa Tengah menyiagakan penembak jitu (sniper) untuk menjaga kel

Selasa,05 Juli 2016 - 12:08:25 WIB

Cerita 'Horor' Jalur Brebes, Tewaskan Puluhan Pemudik

Jateng – Macet total hingga 20 jam lebih di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mengambil 12 korban

BERITA LAINNYA
Rabu,15 Agustus 2018 - 00:28:28 WIB

More than 400 IT Professionals Joined CLOUDSEC Hong Kong 2018

CHINA - 14 August 2018 - More than 400 professionals from Hong Kong and Macau today joined CLOUDSEC

Rabu,15 Agustus 2018 - 00:22:40 WIB

Avnet Memperluas Jaringan dengan Microchip

Dinobatkan sebagai Mitra Pemasaran Global bagi Microsemi Portfolio   PHOENIX - 14 AGUSTUS 201

Selasa,14 Agustus 2018 - 00:01:23 WIB

Sihuan Pharmaceutical’s Self-Developed Innovative Oncology Drug Pirotinib Commenced Phase II Clinical Trial in China

Led by Top Oncologist Professor Wu Yilong Expected to Commence Phase III Clinical Trial in 2H2019. D

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI