Bus Trans Metro Pekanbaru Tidak Beroperasi Lebarang Pertama

Bus Trans Metro Pekanbaru Tidak Beroperasi Lebarang Pertama
Ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sudah menyiapkan jadwal opersional bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) jelang dan saat hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah mendatang.

H-1 lebaran, bus TMP hanya akan beroperasi hingga pukul 17.30 WIB saja. Sementara saat haru raya pertama, bus TMP tidak beroperasi.

"Kalau bus TMP kita operasikan sampai malam, jalan di Pekanbaru padat dengan adanya malam takbiran. Tapi yang jelas kita akan terus koordinasikan dengan UPTD yang membidangi bus TMP," kata Plt Kadishub Pekanbaru, Kendi Harahap, Kamis (7/6/2018).

Saat hari raya pertama kata Kendi, pihaknya akan meliburkan seluruh karyawan TMP. Mulai dari pramudi, pramuniaga hingga ke tiketing. 

"Selama bus TMP tidak beroperasi seharian penuh, maka bus kami parkirkan di terminal. Selepas itu pada H+1 lebaran Idul Fitri bus TMP akan kembali beroperasi seperti biasa, sebab cuti bersama juga panjang, bahkan ada yang berlibur ke Pekanbaru," ungkapnya.

Sebelumnya, libur sekolah yang bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadan ini ternyata berdampak terhadap jumlah penumpang angkutan umum di Pekanbaru. Selama libur sekolah di bulan puasa ini, jumlah penumpang bus Trans Metro Pekanbaru mengalami penurunan.

Biasanya rata-rata penumpang kategori pelajar perhari bisa mencapai 2.000 orang. Selama ramadan ini rata-rata per hari hanya sekitar 800 orang. 

Sementara untuk penumpang umum hari biasanya perhari bisa mencapai 8.000 orang, sedangkan di bulan Ramadan ini hanya berkisar 700 orang per harinya.*** [mcr/mcr]

Berita Lainnya

Index