Pj Bupati Inhil Jadi Irup Upacara Pembukaan TMMD Ke - 101

Pj Bupati Inhil Jadi Irup Upacara Pembukaan TMMD Ke - 101

 

Keritang - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 101 tahun anggaran 2018 yang diselenggarakan di lapangan Kantor Camat Keritang, Rabu (4/4/2018) pagi.

Sebagaimana diketahui, kegiatan TMMD Ke - 101 di Kabupaten Inhil kali ini dipusatkan di 4 (empat) Desa di Kecamatan Keritang, yakni Desa Nusantara Jaya, Desa Lintas Utara, Desa Pasar Kembang dan Desa Kembang Mekar Sari dan dibuka setelah kegiatan pra - TMMD berlangsung sejak tanggal 26 Februari sampai dengan 3 April 2018.

TMMD sendiri merupakan bentuk komitmen dari TNI untuk membantu tugas Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pembangunan bersama komponen bangsa lainnya secara sinergis dan berkesinambungan serta menyasar kawasan - kawasan yang masuk kategori tertinggal, terisolir juga perbatasan.

Pada kegiatan TMMD ke - 101 di Kabupaten Inhil, Keluarga Besar Kodim 0314/Inhil berpartisipasi aktif dalam upaya membangun desa - desa yang menjadi sasaran pelaksanaan program dengan juga melibatkan pihak Komando Resor Militer 031/Wirabima.

Pj Bupati Inhil, Rudyanto dalam sambutan yang disampaikan, mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan TMMD. Dia menilai, kegiatan TMMD akan sangat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan pembangunan.

"Program terpadu, seperti TMMD yang dilaksanakan secara sinergis oleh pemerintah, baik dari pusat hingga pemerintah Desa seperti OPD Terkait, TNI dan Polri, Unsur Pimpinan Kecamatan, Kepala Desa serta perangkat desa, bersama masyarakat di lokasi sasaran akan lebih mendorong kecepatan pelaksanaan pembangunan," terang Pj Bupati.

Disamping itu, Pj Bupati menyatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Inhil sangat mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD yang mampu memberikan ruang bagi pemantapan kemandirian TNI beserta masyarakat.

Selain sebagai wujud nyata partisipasi, Pj Bupati mengatakan, kegiatan TMMD dapat sekaligus membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di kawasan perdesaan.

"Pembangunan yang dihasilkan dari kegiatan TMMD diyakini akan berimplikasi terhadap mobilitas masyarakat karena adanya perbaikan infrastruktur. Dari segi non - fisik juga dipercaya akan mampu melahirkan generasi yang berkualitas karena pembangunan yang juga berorientasi pada Sumber daya manusia," pungkas Pj Bupati.

Pj Bupati kembali menegaskan keyakinannya atas upaya percepatan pembangunan daerah Kabupaten Inhil yang akan tercapai melalui pelaksanaan kegiatan TMMD.

"Hal ini tentu saja berkat kerjasama dan kerja keras kita semua, karena keberhasilan program ini tidak akan mungkin dapat tercapai tanpa adanya kerjasama dan dukungan dari segenap komponen masyarakat" kata Pj Bupati.

Pj Bupati berharap, kegiatan TMMD dapat terus dipertahankan dan mampu menumbuh - kembangkan kesadaran masyarakat untuk melakoni kegiatan pembangunan secara mandiri tanpa harus menunggu kegiatan serupa dilaksanakan.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil saya mengucapkan terimakasih kepada Danrem 031 Wirabima dan jajarannya Dandim 0314/Inhil beserta jajarannya, pemerintah dan masyarakat Kecamatan Keritang serta semua pihak yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan TMMD ini" tandas Pj Bupati.

Upacara pembukaan TMMD Ke - 101 ini turut dihadiri oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wira Bima, Kolonel Czi I Nyoman Parwata, Komandan Distrik Militer, jajaran Forkompimda dan masyarakat Se - Kecamatan Keritang.

Seusai prosesi pembukaan kegiatan TMMD dilaksanakan, Pj Bupati Inhil, Rudyanto dan Danrem 031 Wira Bima beserta jajaran dan rombongan lainnya melakukan peninjauan pengobatan gratis dan pelayanan KB kesehatan di Kantor Camat Keritang.

Selain itu, Pj Bupati Inhil juga meninjau proses pembangunan jembatan beton di salah satu lokasi sasaran program TMMD, yaitu Desa Nusantara Jaya serta timbunan jalan pasir dan batu Nusantara Jaya -Kembang Mekar Sari. (Dex)

Berita Lainnya

Index