Lomba Sampan Selodang, Warisan Budaya Yang Kaya Akan Nilai Filosofis

Lomba Sampan Selodang, Warisan Budaya Yang Kaya Akan Nilai Filosofis

 

Gaung - Dalam rangka memeriahkan peringatan Milad Kecamatan Gaung Ke - 22, Pemerintah Kecamatan Gaung dan masyarakat menyelenggarakan Lomba Sampan Selodang. Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin Lomba Sampan Selodang merupakan salah satu warisan budaya yang kaya akan nilai - nilai filosofis.

"Terdapat sportifitas, kegigihan, kejujuran dan persaudaraan, nilai-nilai ini yang harus terus kita jaga dan kita pertahankan dalam perlombaan sampan selodang," papar Sekda mengomentari ajang yang diselenggarakan di tingkat Kecamatan Gaung ini, Kamis (26/4/2018).

Menurutnya kearifan lokal seperti lomba sampan selodang ini, jika mampu dikemas secara baik dan menarik, bukan tidak mungkin suatu saat akan menjadi sebuah even wisata tradisional yang akan dikenal di tingkat nasional.

"Pelestarian budaya dan kearifan lokal sudah sepatutnya dilakukan di tengah gempuran dan gerusan modernisasi. Langlah konkret pelestarian tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan lomba sampan selodang," kata Sekda.

Sementara itu, Camat Gaung, H Nurmansyah AR SSos mengatakan, partisipasi lomba sampan selodang tahun ini sangat luar biasa. Perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Inhil juga dinilai cukup mengagumkan.

“Berkat bantuan dari Pemkab Inhil melalui Disparporabud kami dapat membeli seekor sapi untuk hadiah juara 1, 2 ekor kambing untuk juara 2, dan 1 ekor kambing untuk juara 3,” ungkapnya.

Nurmansyah berharap agar Pemerintah Kabupaten dapat memberi perhatian lebih untuk menjadikan Lomba Sampan Selodang ini menjadi salah satu wisata budaya Kabupaten Inhil.

"Tujuannya selain untuk menyemarakkan, perlombaan sampan selodang diselenggarakan untuk melestarikan budaya lokal," jelas Nurmansyah.

Ajang Lomba Sampan Selodang dibuka oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil, H Said Syarifuddin SE MP MSn, di Pelabuhan Kuala Lahang.

Pada kesempatan itu, Sekda didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil Junaidy SSos MSi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Inhil H Mukhtar T MH, Kepala Dinas Kesehatan Inhil H Zainal Arifin SKM MKes, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Inhil Drs Nursal MSi, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Inhil Zul Irma Indra, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Penataan dan Kerjasama (Litbang-PK) Bappeda Inhil Afarahim, Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Edisman.

Tidak hanya jajaran Pemerintah saja yang menghadiri even tersebut, ratusan masyarakat yang turut hadir tampak antusias memberi dukungan dan semangat kepada para peserta lomba.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Pelaksana, Suprihanto SS SPd, peserta yang mengikuti lomba tahun ini mengalami peningkatan. Dia mengungkapkan, dari 16 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Gaung, terdapat 15 Desa dan Kelurahan yang berpartisipasi.

“Kalau bisa acara ini jangan dilaksanakan di Gaung saja. Tapi bisa dilaksanakan di tingkat kabupaten agar dapat diikuti seluruh kecamatan di Inhil,” harapnya.

Lomba dimenangkan oleh Kelurahan Kuala Lahang, diikuti Desa Sungai Baru, Desa Jerambang, dan Desa Teluk Merbau harus puas pada posisi ke 4. Lurah kuala Lahang, Sabar Muzazin merasa bersyukur dan bangga atas keberhasilan Kelurahan Kuala Lahang menjadi juara lomba tersebut.

“Terimakasih atas kekompakan dan kerja keras tim pemain sehingga kita mencapai juara 1 tingkat Kecamatan Gaung,” tukasnya. (Dex)

Berita Lainnya

Index