• Follow Us On : 

Ini Makna dan Warna Logo Hari Jadi Bengkalis ke-506


Redaksi | Rabu,04 Juli 2018 - 20:53:18 WIB
Dibaca: 3265 kali 
Ini Makna dan Warna Logo Hari Jadi Bengkalis ke-506

BENGKALIS – Panitia sayembara lomba logo Hari Jadi Bengkalis ke-506, Rabu 4 Juni 2018 mengumumkan nama-nama pemenang. Primadona warga Gatot Subroto Bengkalis ditetapkan sebagai pemenang juara pertama.

Kemudian juara kedua diraih Wendi Harla Putra dan Khairi Fahrizal. Para pemenang menerima hadiah dan penghargaan pada acara Halal Bi Halal tingkat Kabupaten Bengkalis. Total peserta yang mengikuti lomba logo Hari Jadi Bengkalis ke-506 dengan makna "Bengkalis Bedelau (Bergerak Dengan Kemilau)" sebanyak 47 orang.

Dengan ditetapkan karya Primadona, otomatis logo tersebut menjadi logo resmi Hari Jadi Bengkalis ke-506. Adapun gambaran logo karya Primadona, memadukan simbol keris, layar dan ikan terubuk.

Hadiah dan penghargaan diserahkan langsung Bupati Bengkalis Amril Mukminin kepada para pemenang, pada acara halal bi halal tingkat Kabupaten Bengkalis.

Berikut makna loga dan warna logo dimaksud.
Bentuk Sampan dan Layar, merupakan salah satu transportasi laut yaitu sumber penghasilan para nelayan masyarakat Bengkalis untuk mencari ikan dilautan dari zaman nenek moyang terdahulu, dan itu harus lah tetap dilestarikan, dengan semangat kerja nelayan sehingga bengkalis memiliki sumber penghasilan laut yang besar, menuju Bengkalis Maju dan Makmur.

Wama layar biru merupakan symbol rasa ketenangan dan keseimbangan, biru muda merupakan symbol kepercayaan, sedangkan biru tua simbol pengalaman dan jati diri yang teguh. Warna badan kapal berwarna merah merupakan simbol gairah, semangat dan keberanian.

Bentuk Keris, merupakan salah satu senjata atau alat yang digunakan oleh orang melayu pada zaman terdahulu. Keris juga merupakan lambang kemegahan bagi oftmg melalru, bagi seorang laki-laki keris juga menjadi lambang marwah dirinya, keris juga telah menjadi kebanggaan budaya melayu Kab.Bengkalis yang mesti di lestarikan dan di jaga sehingga budaya melayu tak kan hilang di bumi Bengkalis.

Bentuk Atap Rumah Balai Adat, yang berciri khas di ujung atap terdapat motif ukiran Tekat Songket Kaluk Pakis, dan di tenggahnya berukiran motif pucuk rebung dan di sisi bawahnya motif ukiran Tekat Songket Lebah Begayot. Perumahan balai adat Bengkalis merupakan salah satu sejarah perumahan adat Melayu yang tiangnya tinggi-tinggi, dan megah megah, dengan ukiran ukiran corak batik Melayu yang sangat khas yang berwama kuning ke emasan.

Walaupun kini zaman semakin modern dengan munculnya gedung-gedung megah bertingkat, jangan sampai sejarah rumah balai adat Bengkalis hilang ditelan oleh zaman, tetapi harus tetap di lestarikan, di jaga, dan di jadikan sebagai Tempat Wisata menarik sehingga pelancong dari luar pun datang berwisata ke kota Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan.

Bentuk Orang Tari Zapin Melayu Laki-Laki dan Perempuan
Zapin adalah suatu tarian khas adat Melayu Bengkalis, biasanya dilakukan pada saat acara pentas seni, Perlombaan, persembahan, atau pembukaan acara, biasanya tarian ini dimainkan oleh kaum laki-laki dan perempuan, atau salah satunya saja, tradisi ini sangat lah perlu dilestarikan sehingga Zapin Melayu semakin berkembang dan tidak hilang oleh zaman.

Warna keris, atap rumah balai adat, dan zapin Melayu berwarna coklat merupakan symbol kenyamanan, kesederhanaan, dan klasik tapi tetap modern, dan warna kuning bersymbolkan kegembiraan, optimis, progresif dan kreatif.

Bentuk Ikan Terubuk
Bengkalis yang pernah jaya sebagai penghasil ikan Terubuk di Indonesia di era 1960-an hingga 1980-an, sampai saat ini masih juga dikenal sebagai sebutan Bengkalis Kota Terubuk tetap harus menjadi salah satu penghasil ikan yang berpotensial serta tempat kuliner-kuliner makanan khas Bengkalis. Kedepan lebih berkembang dan dikenal oleh dunia.

Selain itu ikan terubuk hendaknya lebih di budidayakan, sehingga ikan terubuk tersebut tidaklah terancam punah oleh waktu, apalagI ikan terubuk sekarang termasuk ikan yang tergolong langka. Warna ikan yang bewarna hijau yaitu mempunyai makna sImbol alami, harmoni, kesegaran dan sumber kehidupan.

Air Laut, terdapat 2 warna biru terang dan biru gelap, biru terang melambangkan perairan dangkal, sedangkan biru gelap merupakan perairan dalam, symbol biru seperti sifat air yang selalu tenang.

Bentuk Orang Wisuda
Pendidikan dan ilmu pengetahuan sangatlah penting di Kabupaten Bengkalis, jenjang Pendidikan yang baik akan menghasilkan calon bibit pemuda-pemudi sarjana yang baik pula, yang mempunyai skil, talenta, dan keterampilan yang berkualitas berguna bagi nusa dan bangsa, juga demi kemakmuran kemajuan Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan. Warna hitam melambangkan sImbol kekuatan, elegan, kemewahan dan Formalitas, sedangkan warna biru tua melambangkan pengalaman dan jati diri yang tangguh.

Bentuk Kompang
Kompang Merupakan salah satu alat musik tradisional yang paling popular bagi masyarakat melayu, terutama di masyarakat Melayu Bengkalis, biasanya kompang di mainkan pada saat acara perkawinan yaitu pada saat pengantin mempelai laki-laki menuju ke rumah pengantin mempelai perempuan.

Selain itu kompang juga bisa di mainkan dalam acara pergelaran seni budaya, acara MTQ sperti rebana dll, Kompang tergolong dalam perkumpulan alat musik gendang, kulit kompang terbuat dari kulit kambing betina, namun mutakhir ini, kulitnya juga di buat dari kulit kerbau, kesenian kompang sangatlah perlu dilestarikan.

Kesenian Permainan Rakyat
Di dalam kompang terdapat beberapa kesenian permainan rakyat masyarakat Bengkalis seperti beberapa permainan permainan rakyat ini biasanya dilaksanakan pada acara perlombaan Agustusan dan acara pesta pantai Kabupaten Bengkalis.

Permainan rakyat ini harus tetap dijaga dan dilestarikan, sehingga anak cucu mengenal permainan ini dan tak hilang di bumi melayu negeri junjungan ini, serta terdapat angka 2018 merupakan Tahun sekarang yaitu Hari Jadi Kabupaten Bengkalis ke-506.

warna biru pada Hari Jadi, Bengkalis, Maju dan Makmur merupakan sImbol rasa ketenangan dan keseimbangan, biru muda merupakan symbol kepercayaan, sedangkan Biru Tua symbol pengalaman dan jatidiri yang teguh, Menuju Bengkalis Maju dan Makmur. (Diskominfo)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Senin,06 Februari 2017 - 20:29:04 WIB
Pasca Penganiayaan Terhadap Muridnya

Bupati Tarik SK Pelaku sebagai Kepala SMP Yayasan Kartini

BAGANSIAPIAPI (WAHANARIAU) - Kasus dugaan penganiayaan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Yayasan Kartini,

Kamis,19 April 2018 - 10:54:41 WIB

Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling, Ini Harapan Walikota Dumai

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai dapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Pemerintah Pusat melalu

Senin,16 Januari 2017 - 20:58:45 WIB

Terlantar dan Alami Kebutaan, Kakak Adik di Tembilahan ini Butuh Uluran Tangan Kita

TEMBILAHAN (MR) - Miris, melihat nasib dua kakak adik, Siti Hairah (60) dan Mala (50) yang sama-sama

Selasa,23 Januari 2018 - 12:24:37 WIB

Dugaan Pembalakan Liar di Sungai Sembilan, Ini Tanggapan Kapolres Dumai

DUMAI - Pembalakan liar hutan di Kecamatan Sungai Sembikan, Kota Dumai masih saja terjadi dengan dit

Rabu,26 Juli 2017 - 21:56:53 WIB

Izin Kimteng Kadaluarsa, Ini Tanggapan Komisi I DPRD Pekanbaru

PEKANBARU (WR) - Selain membahayakan pelanggan, ternyata keberadaan kedai kopi Kim Teng di jalan Sen

Senin,27 Februari 2017 - 16:56:37 WIB

2018, Empat Kawasan di Bengkalis Ini Jadi Prioritas untuk Dikembangkan 

BENGKALIS (WAHANARIAU) -- Dalam penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupa

BERITA LAINNYA
Senin,19 November 2018 - 14:39:59 WIB

Gerakan Kawal APBD Inhil, APMI Geruduk Kantor DPRD

  Tembilahan - Asosiasi Pemuda dan Mahasiswa Inhil (APMI) geruduk Kantor DPRD Kabupaten In

Minggu,18 November 2018 - 16:46:14 WIB

Menyelisik Capaian Bea dan Cukai Tembilahan

Tembilahan - Sebagai sebuah instansi pemerintah, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai

Minggu,18 November 2018 - 16:32:17 WIB

Sekda Rohil Imbau Perusahaan Bantu Korban Banjir di Kecamatan Rantau Kopar

ROKAN HILIR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menghimbau perusahaan yang beroperas

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI