Pemprov Riau Kejar Target Realisasi DAK

Pemprov Riau Kejar Target Realisasi DAK

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah 'mengencangkan ikat pinggang' lantaran dibayang-bayangi rasionalisasi anggaran.Saat ini, Pemprov Riau sendiri tengah mengejar target realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) supaya tidak menjadi penghambat dan membebani APBD dikemudian hari.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau, Indra mengaku optimis tahun ini tidak akan ada kegiatan yang tertunda. Ia sendiri memastikan sebelum tanggal 21 Juli, proses lelang dan tender di Pemprov tuntas. Sehingga bisa dilakukan pencairan tahap pertama sebesar 25 persen.

"Jumlah DAK yang diperuntukkan bagi sepuluh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Riau, ada sekitar Rp189 miliar," kata Indra di Pekanbaru, Rabu (11/7/2018).

Adapun sepuluh OPD yang dimaksud, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, RSUD Petala Bumi, RSJ Tampan, RSUD Arifin Achmad, Dinas PUPR, Dinas LHK, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas ESDM.

"Memang masih ada satu OPD yang kegiatannya masih berproses di ULP, kemungkinan akhir pekan ini selesai. Setelah itu baru akan dilakukan lelang cepat dan tanggal 21 Juli itu diusahakan bisa selesai," urainya.

Berkaca dari tahun lalu, lanjut Indra, APBD Riau yang sedang kekeringan pernah terbebani karena ada satu OPD yang tidak bisa menyelesaikan kegiatan DAK, yakni Dinas ESDM.

"Saat ini kami sedang dibayangi rasionalisasi karena APBD masih kurang. Sementara kalau kegiatan DAK tidak tuntas, maka akan dibebankan kepada APBD daerah. Tentu ini akan menambah beban baru," tandasnya. (mcr/mcr)

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index