Disnaker Pekanbaru Minta Perusahaan Tak Menerapkan Passing Grade Terlalu Tinggi

Disnaker Pekanbaru Minta Perusahaan Tak Menerapkan Passing Grade Terlalu Tinggi

PEKANBARU - Daya serap lapangan kerja di Pekanbaru Job Expo saat ini masih tergolong rendah. Perusahaan diharapkan tak menerapkan passing grade terlalu tinggi.

Dari data  Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, masih rendahnya daya serap terlihat saat pelaksanaan Pekanbaru Job Expo di Politeknik Caltex Riau yang digelar Pemko Pekanbaru bulan April lalu.

"Dari 846 lowongan yang tersedia di Pekanbaru Job Expo sebelumnya, hanya 184 lowongan atau 21,75 persen saja yang dapat diisi oleh pencari kerja," ujar Kepala Bidang Penempatan Kerja Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim, Rabu (25/7/2018) di Pekanbaru. 

Abdul Rahim menjelaskan masih rendahnya daya serap Pekanbaru Job Expo dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya passing grade yang tinggi dari perusahaan, hingga tidak cocoknya jurusan pendidikan pencari kerja dengan lowongan kerja yang tersedia.

"Untuk itu kami dari Dinas telah meminta perusahaan untuk tidak memasang standar tinggi dalam perekrutan. Setidaknya terimalah pelamar yang kurang-kurang sedikit," jelasnya.

Seperti yang diketahui, untuk kali kedua Disnaker Kota Pekanbaru kembali menggelar Job Expo di tahun 2018. Di Pekanbaru Job Expo yang kedua ini, panitia mengklaim tersedia 1.881 lowongan pekerjaan.

Pergelaran Pekanbaru Job Expo akan digelar hingga tanggal 26 Juli 2018 mendatang di Hotel Mutiara Merdeka Jalan Yos Sudarso Pekanbaru. (mcr/mcr)

#Disnakertrans Dumai

Index

Berita Lainnya

Index