Indonesia City Expo, Dumai Jadi Tuan Rumah

Indonesia City Expo, Dumai Jadi Tuan Rumah
Walikota Dumai, H Khairul Anwar, SH menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan APEKSI di Dumai

Dumai – Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) tahun 2014 melakukan Launching Idonesia City Expo 2014 yang dipusatkan di salah satu ballroom hotel di Dumai, pada Kamis (20/2/2014) lalu.

Kegiatan Indonesia City Expo 2014 ini akan dipusatkan di lapangan Bukit Gelanggang (Dumai Central Park) jalan HR Soebrantas Dumai. Launching Idonesia City Expo dilaksanakan sempena Rakernas (Rapat Kerja Nasional) APEKSI yang dipusatkan di Dumai pada 21-25 Mei 2014 mendatang.

Kegiatan Indonesia City Expo nantinya akan menghadirkan berbagai kegiatan tingkat nasional. Di antaranya, Pawai Budaya dan Pertunjukan Seni Budaya Nusantara, Penanaman Pohon Khas Daerah, Pemilihan Stand Terbaik, Ladies Program, City Tour, Bussisnes Trip serta kegiatan lainnya.

Launching Indonesia City Expo dihadiri langsung oleh Direktur Eksekutif Apeksi, Dr Sarimun Hadisaputra dan jajarannya serta Presiden Directur PT Antheus Indonesia Organizer Santo Wijaya. Walikota dan wakil walikota se-Indonesia, di antarnya, walikota Dumai Khairul Anwar, walikota Payakumbuh, Rizal Pahlepi, wakil walikota Padang Pariaman, Genius Umar, wakil walikota Cimahi, Sudiarto, wakil walikota Bandung, Oded M. Deniel, serta perwakilan walikota peserta APEKSI lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif Apeksi, Dr Sarimun Hadisaputra Indonesia City Expo akan menjadi peluang untuk saling bertukar pengalaman diberbagai bidang dalam menghadapi ASEAN economic community 2015, disamping dapat menjadi ajang promosi daerah. Indonesia City Expo ini sendiri merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk mempromosikan potensi serta produk unggulan setiap kota di Indonesia dalam menyongsong ASEAN economic community 2015 mendatang.

“Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerjasama, agar pemerintah kota mampu bekerja untuk melakukan yang terbaik bagi kemajuan daerahnya. Dan hampir semua kota yang pernah menjadi tuan rumah kegiatan ini sukses dan pertumbuhan ekonominya sangat membanggakan seperti kota Palembang dan Banda Aceh,” sebutnya.

Dijelaskan Dr. Sarimun Hadisaputra, tujuan Apeksi berkaitan dalam terwujudnya kesejukan hubungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sarimun juga mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan setiap tahun.

Dalam setiap pelaksanaan kegiatan Apeksi, tuturnya lagi, diharapkan semua anggota bisa belajar kelebihan dari berbagai kota. Sehingga bisa menjadi contoh untuk diterapkan di masing-masing kota agar bisa lebih baik lagi dalam pembangunannya.


Keterangan foto : Walikota Dumai, H Khairul Anwar mengambil sirih dari tepak yang dibawa penari persembahan

Pemilihan dan penetapan Dumai sebagai tuan rumah pada kegiatan Indonesia City Expo, sambungnya, dilakukan secara bergiliran dari 98 anggota asosiasi setiap tahunnya.

Dumai sendiri, lanjutnya, ditunjuk sebagai tuan rumah berdasarkankeputusan rapat yang dilakukan di Palangka Raya tahun 2013 lalu. “Penunjukan Dumai sebagai tuan rumah berdasarkan keputusan bersama dalam rapat kerja nasional APEKSI yang diikuti seluruh anggota APEKSI sebanyak 98 kepala daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Sarimun menyebutkan, jika Dumai dapat kesempatan pada tahun ini, mungkin moment ini paling cepat akan terjadi pada 50 tahun ke depannya. "Atau 98 tahun mendatang," lanjutnya. “Beruntunglah Dumai dapat jadi tuan rumah. Bagi kota lainnya harus sabar menunggu giliran berikutnya,” tuturnya lagi.

Sarimun mengungkapkan, Indonesia City Expo 2014 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pawai budaya yang akan diikuti para Walikota bersama istri se Indonesia dengan mengenakan pakaian adat budaya daerah masing-masing. Selain pawai budaya, pada kegiatan tersebut juga akan digelar pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional Tahun 2014.

"Peserta pameran berasal dari pemerintah provinsi, kabupaten/ kota se-Indonesia, kementerian terkait, BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional beserta binaan, lembaga keuangan dan perbankan, pengusaha UMKM dan koperasi, serta asosiasi industri dan perdangan," Pungkasnya.


Keterangan foto : Walikota Dumai, H Khairul Anwar dikalungkan kain songket

Sementara, walikota Dumai, Khairul Anwar pada kesempatan itu mengatakan bahwa Indonesia City Expo tahun 2014 salah satu rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI di Dumai yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian rakyat. “Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi ajang promosi daerah, seperti promosi ragam budaya, kearifan lokal, hingga mempromosikan potensi daerah dalam upaya meningkatkan nilai investasi untuk kesejahteraan masyarakat Dumai,” kata Walikota.

Oleh karena itu, Lanjutnya, pemko Dumai sangat mendukung kegiatan Indonesia City Expo 2014 yang dipusatkan di Dumai. “Saya bangga Dumai dipercaya menjadi tuan rumah Indonesia City Expo dan pemerintah berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan ini sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama melalui kegiatan ini dapat dicapai seperti dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan sebagai ajang promosi daerah,” ungkapnya.

Ditambahkan walikota, bahwa Indonesia City Expo 2014 merupakan pameran berbagai potensi investasi di seluruh Indonesia. Produk unggulan pemerintah kota seluruh Indonesia akan dipromosikan diajang tersebut termasuk kota Dumai yang akan mengambil kesempatan untuk memamerkan produk unggulan serta potensi kota Dumai di berbagai bidang, seperti pelabuhan, perdagangan, tourism dan industri (Pengantin) serta potensi daerah lainnya.

Pada kesempatan yang sama, walikota Dumai juga mengenalkan sedikit tentang kota Dumai kepada tamu yang hadir. “Dumai merupakan kota terluas di Indonesia dan juga memiliki pelabuhan terbesar di Indonesia. Dumai memiliki kawasan kota, kawasan hutan dan kawasan industri. Maka tak heran banyak truck tangki CPO keluar masuk Dumai. Sekitar 1200 truck keluar dan masuk tiap hari,” paparnya.

Panitia Indonesia City Expo dari Ivent Organizer (IO) Antheus Indonesia Organizer, Nur Komari mengatakan bahwa kegiatan hari ini, Kamis (20/2/2014) lalu, merupakan launching Indonesia City Expo sekaligus pemaparan rencana kegiatan.

“Kegiatan hari ini launching sekaligus pemaparan rencana kegiatan Indonesia City Ezpo yang akan dilaksanakan pada 21-25 Mei di Lapangan Bukit Gelanggang Dumai,” terangnya. Dan untuk pendaftaran peserta Indonesia City Expo, sambungnya, peserta dapat menghubungi langsung sekretariat Indonesia City Expo dikota Dumai dan bisa langsung mendaftar di Event Organizer (EO) PT Antheus Indonesia Organizer. (adv/ nov)

Berita Lainnya

Index