• Follow Us On : 

Diikuti 411 Peserta, DPRD Bengkalis Hadiri Pembukaan MTQ ke-43


Redaksi | Minggu,23 September 2018 - 12:20:48 WIB
Dibaca: 1187 kali 
Diikuti 411 Peserta, DPRD Bengkalis Hadiri Pembukaan MTQ ke-43

BENGKALIS - MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis yang diikuti sebanyak 411 orang dari sebelas kecamatan di Bengkalis secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dengan menekan tombol sirine MTQ di damping Forkompinda Bengkalis, Sabtu, (22/9/2018) malam, bertempat di halaman Kantor Terpadu Kecamatan Bukit Batu.

Pembukaan berlangsung meriah, dengan munculnya warna warni kembang api selama sekitar satu menit usai penekanan tombol sirine pembukaan. Ribuan warga Bukit Batu yang menyaksikan kembang api terlihat terkesima melihat kembang api tersebut.

Sebelum penekanan tombol sirine sebagai tanda dibukanya MTQ oleh Bupati Bengkalis yang di dampingi Forkompinda, acara dimulai dengan suara emas lantunan ayat suci Al-Quran oleh qori jemputan terbaik, Abdul Rahman Atan dan Sabri Fazil.

Abdul Rahman Atan merupakan utusan Riau pada MTQ Internasional di Malaka tahun 2015 dan utusan Riau pada MTQ nasional yang akan berlangsung di kota Medan tahun 2018. Sedangkan Sabri Fazil merupakan juara harapan 2 MTQ nasional di Ambon dan utusan Riau pada MTQ Internasional di Masjid Istiqlal tahun 2018.

Camat Bukitbatu Mulyadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas ditunjukknya Kecamatan Bukitbatu sebagai tuan rumah MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis. Ia menambahkan sebagai tuan rumah, Kecamatan Bukitbatu bertekad untuk menjadi yang terbaik, meskipun dalam pelaksanaan terdapat kekurangan, kami haturkan permohonan maaf.

"Semoga kepercayaan yang telah diberikan menjadi pengalaman terbaik dalam melaksanakan momen dalam skala lebih besar di tahun yang akan datang," ungkap Mulyadi.

Ketua Pelaksana MTQ Kabupaten Bengkalis Heri Indra Putra mengakatan acara MTQ tahun ini diselenggarakan selama 8 hari dari tanggal 22 September hingga 30 September 2018. Peserta terbanyak berasal dari tuan rumah kecamatan Bukit Batu, dimana menurunkan sebanyak 50 orang qori dan qoriah terbaiknya.

Keterangan Photo : Penyerahan Piala Bergilir MTQ Kabupaten Bengkalis dari Camat Bengkalis sebagai Juara Umum MTQ Ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis kepada Bupati Bengkalis

Masing-masing kecamatan yang berada di Bengkalis juga mengirimkan perwakilannya dengan jumlah yang bervariasi diantaranya, Kecamatan Bengkalis 44 orang, Kecamatan Bantan 38 orang, Kecamatan Siak Kecil 44 orang, Kecamatan Mandau 31 orang, Kecamatan Pinggir 43 orang, Kecamatan Rupat 40 orang.

Kemudian Kecamatan Rupat Utara 40 orang, Kecamatan Bandar Laksamana 28 orang, Kecamatan Bathin Solapan 30 orang, Kecamatan Talang Muandau 10 orang dan utusan LPTQ Kabupaten Bengkalis sebanyak 13 orang.

Heri mengatakan, para peserta ini akan berkompetisi di tujuh cabang MTQ yang dipelombakan. Mereka yang berhasil menjadi yang terbaik di MTQ Kabupaten Bengkalis ini akan dipersiapkan untuk mewakili Bengkalis pada MTQ Provinsi tahun 2018 yang akan digelar di Pekanbaru

"Selain pencaringan peserta MTQ tingkat provinsi, pergelaran MTQ kabupaten Bengkalis ini diharapkan bisa menjadi media silahturahim yang efektif berguna mempererat Ukhuwah Islamiah di Bengkalis," terang Heri.

Sementara itu, Bupati Bengkalis dalam sambutannya mengatakan kegiatan MTQ yang merupakan rutinitas bagi umat islam dan dilaksanakan setiap tahunnya ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat Bengkalis hingga saat ini.

Selain itu, orang nomor satu Kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan itu mengatakan, pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome dari kegiatan pembelajaran Al-Quran yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di Kabupaten Bengkalis.

“Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, kegiatan ini juga menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan dalam Al-Quran. Pemahaman dalam membaca dan menulis Al-Qur’an secara baik dan benar. Akan tetapi, yang menjadi lebih penting adalah mendorong semua masyarakat secara swadaya dan mandiri untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an di Negeri Junjungan,” ungkap Bupati Amril.

Keterangan Photo : Bupati Bengkalis di damping Forkompinda menekan tombol sirine sebagai tanda dibuka secara resmi MTQ Bengkalis ke-43.

Kemudian, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis H. Azmi dalam wawancaranya memberikan apresiasi kepada panitia yang sudah bekerja keras demi suksesnya perhelatan acara MTQ ini. Ia mengatakan bahwa Pembukaan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan di Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu ini punya sisi positif, karena yang tampil sebagai peserta tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini peserta terlihat memang merupakan utusan dari Kecamatan itu sendiri, LPTQ semua Kecamatan sudah bekerja dengan baik dalam melakukan pembinaan setiap peserta.

Selain itu, Azmi berharap agar semua peserta terus meningkatkan kualitasnya terutama dalam hal pengetahuan, keterampilan dalam membawakan ayat-ayat Al-Quran, dan sikapnya dalam kehidupan sehari-hari. Ia menambahkan MTQ ini bukan hanya sebagai ajang perlombaan tetapi juga ajang untuk mengembangkan diri.

"Semoga ajang MTQ ini tetap dipertahankan kualitasnya, dan terus melakukan inovasi supaya gema wahyu ilahi terus dikumandangkan. Terima kasih kepada masyarakat sekitar atas keramah tamahannya dan telah bersedia menerima kafilah-kafilah dari berbagai Kecamatan dirumahnya. Kami selaku anggota DPRD berterima kasih karena telah mengadakan ajang MTQ ini di Sungai Pakning, karena geliat ekonomi di sini semakin bertambah, ini merupakan hal positif untuk perkembangan ekonomi masyarakat”, Ujar H. Azmi.

Terpisah, H. Aisyah yang saat itu diwawancara juga mengapresiasi berjalannya pembukaan MTQ ke- 43 malam ini. Ia juga mengapresiasi acara pawai taaruf yang diselenggarakan pada siang tadi. “Acara sudah berjalan dengan baik, semoga terus ditingkatkan tiap tahunnya sesuai dengan anggaran yang telah dikeluarkan”, Ujar Hj. Aisyah.

Hal senada juga disampaikan Johan Wahyudi, beliau mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya acara MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis. Ia mengharapkan, melalui MTQ ke-43 ini mari kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah, kecintaan kita kepada Rasulullah dan semangat kita dalam mentadabburi (mempelajari dan mengamalkan) Al-quran dalam kehidupan kita sehari.

“Selamat bertanding kepada seluruh kalifah dari masing-masing Kecamatan. Pesan saya, jangan lagi ada Kecamatan yang mengambil peserta dari luar, berdayakanlah anak tempatan agar pemenang dapat mengikuti kompetisi lebih tinggi (Provinsi atau Nasional). Buat apa juara tetapi bukan anak kampung kita,” lanjutnya.

Tepat pukul 21.58 WIB, MTQ secara resmi dinyatakan dibuka oleh Bupati. Penekanan tombol sirene oleh Bupati didamping Asisten I Setda Provinsi Riau tepat pukul 22.02 WIB. Ditimpali oleh letusan kembang api. Dilanjutkan lantunan musik Islami bertemakan tentang iqra (bacalah) serta penaikan bendera LPTQ dan bendera 11 kafilah kecamatan dan 1 kafilah dari LPTQ Bengkalis, sekitar pukul 22.15 WIB.

Acara pembukaan MTQ ke-43 ini dihadiri oleh Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau H Ahmadsyah Harrofie, Anggota DPRD Kab. Bengkalis Johan Wahyudi, Hj. Aisyah dan H. Azmi, Sekretaris Dewan Radius Akima, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetyo, Sekda Bengkalis H Bustami HY dan sejumlah pejabat dil ingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan MTQ kabupaten Bengkalis dipusatkan di kecamatan Bukit Batu, dengan astaka utama berada di kantor Terpadu Kecamatan Bukit Batu. Sekitaran Astaka juga digelar pameran stand dari seluruh kecamatan yang ikut dalam MTQ kabupaten Bengkalis. Selain stand kecamatan sekitaran kantor Terpadu kecamatan Bukit Batu diramaikan dengan pedagang kaki lima yang mencari peruntungan selama pelaksanaan MTQ Bengkalis.***


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,15 Desember 2017 - 01:27:54 WIB

Diikuti 84 Wartawan, PWI Provinsi Riau Gelar UKW IX di Hotel Ameera

PEKANBARU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW)

Sabtu,06 Mei 2017 - 10:47:38 WIB

Diikuti 127 Peserta, MTQ Rupat Utara Resmi Dibuka

TANJUNGMEDANG - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-15 tingkat Kecamatan Rupat Utara, Jum'at (05/05/

Senin,09 Januari 2017 - 23:45:46 WIB

Inhil Culture Carnival 2016 Diikuti 2 Sanggar Negara Tetangga

Tembilahan - Indragiri Hilir Culture Carnival 2016 secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil HM War

Rabu,29 November 2017 - 20:24:59 WIB

UKW IX PWI Riau Bakal Diikuti 113 Peserta

PEKANBARU - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX (ke-9) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prov

BERITA LAINNYA
Kamis,13 Desember 2018 - 16:00:05 WIB

Protecting Our Sight: ACUVUE® Eye Health Centre to raise eye care standards in Malaysia

Johnson & Johnson Vision recognises 24 optical centres leading the way for higher eye health sta

Kamis,13 Desember 2018 - 15:52:10 WIB

Avnet to Acquire Softweb Solutions: Adds Software and Artificial Intelligence to Ecosystem and Bolsters IoT Capabilities

Positions Avnet as the premier provider for AI, IoT and digital data platform solutions PHOENIX -&n

Kamis,13 Desember 2018 - 15:44:46 WIB

Asia’s Leading Women’s Fashion Brand - Love, Bonito – Expands Relationship with Adyen to Meet the Needs of Millennial Shoppers in Singapore

This collaboration delivers frictionless payment transactions to meet the needs of Spendsetters at t

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI