• Follow Us On : 

Warga Beri Air Minum dan Gorengan Bagi Demonstran, Boboy: Ini Bentuk Empati


Dedek Pratama | Senin,26 November 2018 - 22:35:44 WIB
Dibaca: 1739 kali 
Warga Beri Air Minum dan Gorengan Bagi Demonstran, Boboy: Ini Bentuk Empati Saipudin Ikhwan atau Boboy saat menyampaikan orasi dalam aksi demonstrasi terkait Harga Kelapa oleh APMI

Tembilahan - Warga masyarakat mendukung penuh aksi demonstrasi terkait harga kelapa yang dilakukan oleh Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil (APMI). Dukungan itu tercermin dari bantuan warga yang memberikan air minum dan gorengan bagi para demonstran, Senin (26/11/2018) sore.

Aksi demonstrasi dengan tujuan untuk mendesak Pemerintah Pusat agar lebih perhatian terhadap harga kelapa se-Indonesia yang dilakukan di bundaran Jalan M Boya, Tembilahan sempat mengundang perhatian warga sekitar lokasi aksi demonstrasi.

Warga tampak menyaksikan para demonstran yang berorasi dengan diwarnai aksi bakar ban. Pemandangan tak biasa pun terjadi, dimana segelintir warga menyediakan akomodasi berupa air minum dan gorengan bagi para demonstran saat aksi berlangsung.

Para pengendara yang melintas di titik aksi, juga turut memberikan motivasi kepada para demonstran. Seruan untuk terus semangat dan kata-kata "lanjutkan" terus mengalir di kala orasi mahasiswa dan pemuda memecah suasana sore.

Menurut penuturan Inisiator APMI, Saipuddin Ikhwan, warga dan pengendara tersebut sangat antusias atas isu yang diangkat dalam aksi demonstrasi. Isu anjloknya harga kelapa menggugah hati sebagian besar masyarakat, khususnya masyarakat yang menyaksikan aksi demonstrasi APMI.

"Ini bentuk empati. Mungkin masyarakat sudah terlalu jenuh dengan harga jual kelapa pada tingkat petani yang berada di luar batas wajar selama ini," tukas Saipudin Ikhwan melalui pesan singkat seusai aksi demonstrasi.

Saipudin ikhwan atau biasa dipanggil Boboy mengatakan, celetukan warga yang terdengar oleh para demonstran ialah agar aksi demonstrasi dapat diarahkan ke Kantor Bupati Kabupaten Inhil. Tujuannya supaya dapat segera didengar dan mendapat tindaklanjut oleh Pemerintah Daerah.

"Aksi hari ini sebenarnya adalah aksi serempak yang diadakan di beberapa daerah di Indonesia, aksi nasional. Dengan isu yang sama, yakni harga kelapa kami meminta agar pesan ini sampai ke Istana (Istana Negara, red). Jeritan masyarakat di dengar langsung oleh Presiden Jokowi," papar Boboy.

Ihwal empati masyarakat terhadap aksi demonstrasi, diakui Boboy menjadi suatu hal mengherankan karena sebelumnya, baik di media sosial maupun di lingkungan sekitar, aksi yang dilakukan APMI selalu mendapat kecaman bahkan serangan psikologis.

"Di medsos dulu sering kita dituding macam - macam. Tuduhan seperti sarat muatan politis dan lain sebagainya itu diarahkan kepada kami. Padahal isu yang kami angkat dalam setiap aksi itu sama, yaitu harga kelapa," papar Boboy.

Atas perubahan sikap mayoritas masyarakat terhadap aksi APMI, Boboy berasumsi bahwa hal tersebut dilatarbelakangi oleh konsistensi gerak dan momen aksi, yang mana sebelumnya sejumlah aksi demonstrasi memang dilakukan menjelang ajang Pilkada Serentak.

"Sampai hari ini kita tetap konsisten dengan isu harga kelapa. Tidak pernah berubah, semua tentang perkelapaan. Mungkin hal inilah yang menyadarkan masyarakat bahwa tujuan aksi kami murni demi kepentingan para petani kelapa," jelas Boboy.

Untuk diketahui, sejumlah daerah yang melakukan aksi demonstrasi secara serentak dengan isu anjloknya harga kelapa, ialah DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Manado, Tobelo, Ternate, Makassar dan Kabupaten Inhil. (Dex)

 


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,19 Agustus 2016 - 22:09:57 WIB

Akibat Karhutla, Dinkes Catat 10.991 Warga Dumai Terpapar ISPA

DUMAI (WR) - Dinas Kesehatan Kota Dumai mencatat jumlah warga terpapar Infeksi Saluran Pernafasan At

Sabtu,22 April 2017 - 12:52:44 WIB

Kuasa Hukum Warga Layangkan Somasi Kedua ke PT IBP

DUMAI - Advokad muda Hotland Thomas Sianturi, SH sebagai kuasa hukum warga, kembali melayangkan su

Jumat,09 Desember 2016 - 11:36:18 WIB

Yurni warga Jl. Pertanian Duri salah satu Korban Tewas Pada Kecelakaan Maut di Kilometer 62 Kandis Kabupaten Siak Provinsi Riau

MANDAU (WAHANARIAU) -- Tim Media melayat ke rumah duka salah satu korban kecelakaan yang terjadi di

Rabu,04 Januari 2017 - 18:20:41 WIB

Terancam jadi 'Desa Mati', Jeritan Warga Makmur Jaya Didengar Pemkab Inhil

TEMBILAHAN (WAHANARIAU) - Desa Makmur Jaya, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pr

Kamis,05 April 2018 - 16:27:18 WIB

Jatah Rastra Warga Miskin Berkurang, Warga Kuansing Kecewa

KUANSING - Tahun ini warga masyarakat yang menerima bantuan beras sejahtera (Rastra) atau lebih popu

Sabtu,25 Maret 2017 - 11:19:53 WIB

Kasus Penyelundupan Manusia Melalui Dumai Libatkan Warga Negara Asing

DUMAI (WAHANARIAU) -- Kasus penyelundupan manusia khususnya warga negara asing (wna) melalui Kota Du

BERITA LAINNYA
Kamis,07 Februari 2019 - 14:03:48 WIB

Bupati Inhil Resmikan Parit Basirah Jadi Kampung Nelayan

Bupati Inhil Resmikan Parit Basirah Jadi Kampung Nelayan

Selasa,19 Februari 2019 - 13:53:48 WIB

Sepenggal Kisah Anak Sekolah di Pucuk Rantau Kuansing

KUANSING - Inilah sepenggal kisah sedih yang dialami sejumlah siswa dan masyarakat Kecamatan Pu

Senin,18 Februari 2019 - 23:16:52 WIB

Deutsche Post DHL Group and SF Holding Conclude Landmark Supply Chain Deal

RMB 5.5 billion (~ EUR 700 million) transaction saw DPDHL Group and SF Holding enter a 10-yea

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI