• Follow Us On : 

PLTU Tembilahan Taja Pelatihan Pengolahan Kelapa


Dedek Pratama | Selasa,27 November 2018 - 11:59:00 WIB
Dibaca: 1299 kali 
PLTU Tembilahan Taja Pelatihan Pengolahan Kelapa Manajer PLTU Tembilahan, Feriadi, Plh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Inhil berfoto bersama para peserta pelatihan pengolahan kelapa seusai pembukaan

Tembilahan - Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tembilahan menaja kegiatan pelatihan pengolahan kelapa bagi masyarakat, Selasa (27/11/2018) pagi, di Ballroom Hotel Elite Tembilahan.

Pelatihan pengolahan kelapa ini diikuti oleh sejumlah masyarakat yang tinggal di kawasan Kelurahan Tembilahan Hilir, Tembilahan.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Inhil, Azwar.

Turut hadir pula dalam pembukaan kegiatan pelatihan pengolahan kelapa, Camat Tembilahan, Ahmad Khusairi dan Lurah Tembilahan Hilir, Rechy Sandra Dana Saputra.

Manajer Unit PT PJB UBJOM Luar Jawa - 2 PLTU Tembilahan, MGS Feriadi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan pengolahan kelapa yang diselenggarakan merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

"Program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan pengolahan kelapa ini diadakan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan warga di sekitar PLTU," pungkas Feriadi.

Pemilihan kegiatan pelatihan pengolahan kelapa sebagai sarana realisasi program CSR peningkatan keterampilan warga, menurut Feriadi, dilakukan dengan pertimbangan bahwa kelapa menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Inhil, yang mana mayoritas atau sekitar 70 persen masyarakat Inhil berprofesi sebagai petani kelapa.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan kelapa sebagai bahan baku utama untuk dijadikan barang jadi atau barang setengah jadi, seperti minyak kelapa," ujar Feriadi.

Feriadi mengungkapkan akan berkomitmen untuk terus berupaya membantu Pemerintah Kabupaten Inhil dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat.

"Sesuai dengan arahan pimpinan kami di pusat, kami berharap program ini tidak hanya sampai di pelatihan saja, akan tetapi program ini dapat berkelanjutan ke arah yang lebih baik," tukasnya.

Lebih lanjut, Feriadi mengimbau kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan serius, selalu berusaha dan pantang menyerah dalam mempraktekkan ilmu yang didapat secara konsisten.

Bupati Kabupaten Inhil yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Azwar mengaku menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pelatihan pengolahan kelapa yang diadakan PLTU Tembilahan.

Azwar mengatakan, kegiatan pelatihan pengolahan kelapa di Kabupaten Inhil merupakan langkah yang tepat. Sebab, perkebunan kelapa menjadi sektor andalan dan kelapa menjadi komoditas utama di Kabupaten Inhil. Terlebih beberapa waktu belakangan harga kelapa jatuh pada level yang sangat rendah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PLTU Tembilahan atas CSR dalam wujud pelatihan pengolahan kelapa ini. Kami berharap agar pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat peserta," tutur Azwar.

Azwar juga mengharapkan, agar setiap perusahaan di Kabupaten Inhil, termasuk PLTU Tembilahan dapat terus berkomitmen untuk mengembangkan daerah, khususnya pada sektor perkebunan kelapa yang menjadi 'Primadona'.

Pelatihan pengolahan kelapa ini diagendakan berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama pelatihan berbentuk penyampaian teori kepada para peserta. Di hari kedua, para peserta yang telah dibekali dengan teori tersebut akan melakukan praktek pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa, sabun dan sirup di gedung LAMR Tembilahan.

Penyampaian teori dan praktek pengolahan kelapa kepada para peserta akan dibimbing oleh 4 (Empat) orang instruktur yang berasal dari Koperasi Desa Agro Inhil (KDA Inhil). (Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Rabu,18 Januari 2017 - 21:30:23 WIB

Ratusan TKA Asing Kerja di Proyek PLTU Pekanbaru Dinyatakan Ilegal

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Seratusan lebih tenaga kerja asing (TKA) yang dipekerjakan di proyek pemban

Sabtu,12 November 2016 - 15:57:14 WIB

Pemprov Harapkan PLTU Tenayan Raya Dapat Perbaiki Sistem Kelistrikan di Riau

‎PEKANBARU, Wahanariau -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berharap Presiden RI, Joko Widodo (

BERITA LAINNYA
Rabu,11 Desember 2019 - 04:48:41 WIB

Kevine Pengusaha Milenial Ajak Generasi Muda Siap Hadapi Perdagangan Global 2020

BANDUNG - Kemajuan teknologi telekomunikasi pada saat sekarang ini memicu maraknya bisnis yang dilak

Selasa,10 Desember 2019 - 14:04:27 WIB

West Java International Coffee Festival 2019 Lahirkan Kerjasama Kawasan Edukasi dan Agrowisata Kopi dengan Investor Korea

BANDUNG - Pelaksanaan West Java International Coffee Festival (WEJICOFES) 2019 yang dijadwalkan dari

Selasa,10 Desember 2019 - 13:49:09 WIB

Angkat Kisah Bibi Nabi Muhammad SAW, Darwish Melejit Lewat Lagu Safiyyah

PADANG – Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan ajaran Islam, banyak sosok yang ikut membantu perj

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI