PLTU Tembilahan Taja Pelatihan Pengolahan Kelapa

PLTU Tembilahan Taja Pelatihan Pengolahan Kelapa
Manajer PLTU Tembilahan, Feriadi, Plh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Inhil berfoto bersama para peserta pelatihan pengolahan kelapa seusai pembukaan

Tembilahan - Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tembilahan menaja kegiatan pelatihan pengolahan kelapa bagi masyarakat, Selasa (27/11/2018) pagi, di Ballroom Hotel Elite Tembilahan.

Pelatihan pengolahan kelapa ini diikuti oleh sejumlah masyarakat yang tinggal di kawasan Kelurahan Tembilahan Hilir, Tembilahan.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Inhil, Azwar.

Turut hadir pula dalam pembukaan kegiatan pelatihan pengolahan kelapa, Camat Tembilahan, Ahmad Khusairi dan Lurah Tembilahan Hilir, Rechy Sandra Dana Saputra.

Manajer Unit PT PJB UBJOM Luar Jawa - 2 PLTU Tembilahan, MGS Feriadi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan pengolahan kelapa yang diselenggarakan merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

"Program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan pengolahan kelapa ini diadakan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan warga di sekitar PLTU," pungkas Feriadi.

Pemilihan kegiatan pelatihan pengolahan kelapa sebagai sarana realisasi program CSR peningkatan keterampilan warga, menurut Feriadi, dilakukan dengan pertimbangan bahwa kelapa menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Inhil, yang mana mayoritas atau sekitar 70 persen masyarakat Inhil berprofesi sebagai petani kelapa.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan kelapa sebagai bahan baku utama untuk dijadikan barang jadi atau barang setengah jadi, seperti minyak kelapa," ujar Feriadi.

Feriadi mengungkapkan akan berkomitmen untuk terus berupaya membantu Pemerintah Kabupaten Inhil dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat.

"Sesuai dengan arahan pimpinan kami di pusat, kami berharap program ini tidak hanya sampai di pelatihan saja, akan tetapi program ini dapat berkelanjutan ke arah yang lebih baik," tukasnya.

Lebih lanjut, Feriadi mengimbau kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan serius, selalu berusaha dan pantang menyerah dalam mempraktekkan ilmu yang didapat secara konsisten.

Bupati Kabupaten Inhil yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Azwar mengaku menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pelatihan pengolahan kelapa yang diadakan PLTU Tembilahan.

Azwar mengatakan, kegiatan pelatihan pengolahan kelapa di Kabupaten Inhil merupakan langkah yang tepat. Sebab, perkebunan kelapa menjadi sektor andalan dan kelapa menjadi komoditas utama di Kabupaten Inhil. Terlebih beberapa waktu belakangan harga kelapa jatuh pada level yang sangat rendah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PLTU Tembilahan atas CSR dalam wujud pelatihan pengolahan kelapa ini. Kami berharap agar pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat peserta," tutur Azwar.

Azwar juga mengharapkan, agar setiap perusahaan di Kabupaten Inhil, termasuk PLTU Tembilahan dapat terus berkomitmen untuk mengembangkan daerah, khususnya pada sektor perkebunan kelapa yang menjadi 'Primadona'.

Pelatihan pengolahan kelapa ini diagendakan berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama pelatihan berbentuk penyampaian teori kepada para peserta. Di hari kedua, para peserta yang telah dibekali dengan teori tersebut akan melakukan praktek pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa, sabun dan sirup di gedung LAMR Tembilahan.

Penyampaian teori dan praktek pengolahan kelapa kepada para peserta akan dibimbing oleh 4 (Empat) orang instruktur yang berasal dari Koperasi Desa Agro Inhil (KDA Inhil). (Dex)

Berita Lainnya

Index