Tanpa Pemberitahuan, Pelanggan Merasa Dirugikan Karena Jaringan Internet Telkomsel Mati Total di Riau

Tanpa Pemberitahuan, Pelanggan Merasa Dirugikan Karena Jaringan Internet Telkomsel Mati Total di Riau

PEKANBARU - Jaringan internet Telkomsel mati total di sejumlah wilayah di Sumatera bahkan merambat ke Riau hingga melumpuhkan aktivitas interconnection-networking.

"Kami protes Telkomsel karena tidak ada pemberitahuan resmi sebelumnya soal gangguan jaringan internet ini," kata Hardi (33), warga Pekanbaru kepada pers, Kamis (6/12/2018).

Pemilik salah satu lapak online ini mengatakan, seharusnya pihak Telkomsel memiliki tanggung jawab terhadap pelanggan atas informais semua kondisi layanan, termasuk gangguan yang terjadi.

Untuk saat ini, lanjut dia, Telkomsel terkesan mengabaikan tanggung jawab tersebut karena tidak ada pemberitahuan resmi yang harusnya bisa disampaikan lewat pesan singkat yang disebarkan secara massal.

"Jika ada pemberitahuan, tentu ada persiapan, apakah itu mengganti kartu sementara ke operator lainnya atau dengan cara lainnya untuk bisa tetap terhubung ke internet," katanya.

Patut diketahui, lanjut dia, bahwa internet saat ini termasuk dalam kebutuhan vital masyarakat mengingat banyak pekerjaan yang memang terhubung dengan internet.

"Jadi kondisi mati total jaringan internet Telkomsel sejak siang tadi sekitar pukul 11.20 WIB telah mendatangkan kerugian materi bagi pelanggannya, termasuk saya," kata dia.

Bayangkan saja, demikian Hardi, berapa banyak pekerja ojek online di Riau, ditambah driver online, kemudian ada juga masyarakat yang membuka usaha lewat internet.

Menurut dia, kalangan inilah yang terkena imbas atas gangguan internet pada operator Telkomsel yang terjadi nyaris delapan jam di Riau.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa jaringan internet Telkomsel sempat lumpuh pada hari ini, Kamis (6/12/2018), di Sumatera Bagian Utara dan Tengah.

Walau demikian, per pukul 19.00 WIB, Telkomsel mengungkapkan kalau jaringan di Sumatera Bagian Tengah sudah pulih.

Dengan demikian, pengguna operator yang identik dengan warna merah tersebut sudah bisa mengakses internet kembali.

Namun, Telkomsel mengatakan kalau jaringan di Sumatera Bagian Utara masih dalam tahap pemulihan (recovery) yang artinya belum sepenuhnya bisa digunakan.

"Saat ini gangguan layanan data di wilayah Sumatera Bagian Tengah telah pulih. Upaya recovery terus dilakukan untuk wilayah Sumatera Bagian Utara," kata VP ICT Network Management Telkomsel Area Sumatera Awal R Chalik dalam keterangan resminya.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini," dia menambahkan.

(mcr/mcr)

Berita Lainnya

Index