Peduli Petani Kepala, Kadin dan LPPM UNISI akan Gelar Seminar dan Lokakarya

Peduli Petani Kepala, Kadin dan LPPM UNISI akan Gelar Seminar dan Lokakarya

TEMBILAHAN - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Indragiri (UNISI) dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Seminar dan Lokakarya.

"Pada seminar dan lokakarya ini akan pihaknya akan menghadirkan empat narasumber," ujar Ketua Panitia, Zainal Arifin kepada awak media, Rabu (13/1/2019) petang.

Narasumber tersebut, Ketua Kadin Inhil, Edy Indra Kesuma, Dekan Faktultas Pertanian UNISI, DR Mulono Apriyanto, Perpekindo Wilayah Riau, Biwi Suwito, dan Eksportir Kopra Putih, Setya Tuhu.

Lanjut pria yang nantinya akan menjadi moderator pada kegiatan itu mengatakan bahwa setiap narasumber akan memaparkan topik-topik menarik.

"Setiap narasumber nantinya memiliki topik-topik menarik tentang dunia usaha yang nantinya akan dipaparkan kepada peserta," ujar Ketua LPPM UNISI ini.

Dia juga mengatakan bahwa ini merupakan kepedulian Kadin Inhil dan LPPM UNISI untuk meningkatkan pendapatan petani kelapa.

"Kami hanya bisa membantu dan mencarikan solusi agar pendapatan petani kelapa di Inhil meningkat. Dengan menghadirka exportir kopra putih yang hari ini harga lebih baik ketimbang kopra asalan (kopra biasa yang dibuat masyarakat, red). Kita berharap melalu seminar dan lokakarya petani mendapat informasi yang tepat tentang potensi pasar kopra putih dan cara pembuatan," ujarnya. 

Pria yang juga anggota Kadin Inhil ini juga mengatakan petani kelapa perlu pendampingan bagaimana cara pengolaan kopra putih yg memenuhi standar export.

"Ini langkah yang baik bagaimana ada sinergi kampus dan pengusaha untuk membantu nasib petani kelapa," lanjutnya sembari berharap kerjasama yang baik dengan Kadin, Perpekindo akan terus dapat berkembang untuk mendukung petani.

Dia juga mengatakan bahwa nantinya kegiatan tersebut akan dilaksanakan, Senin (11/3/2019) mendatang disalah satu hotel di Tembilahan.

Jika ingin menjadi peserta, lanjutnya, bisa mendaftarkan diri di https://goo.gl/forms/Qv55f6XLGm62BHKn1, atau menghububgi Ryan 0811 767 911 dan Dimas 0812 7769 5435.

Nantinya, Edy Indra Kesuma akan memaparkan topik Meningkatkan ekspor dan mendorong pembangunan Industri menuju pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Biwi Suwito nantinya akan memaparkan Kreatifitas petani kelapa untuk meningkatkan daya saing di pasar global.

Kemudian, DR Mulono Apriyanto Dinamika industri pertanian berkelanjutan. Sedangkan Setya Tuhu membahas Prospek usaha kopra putih untuk meningkatkan penghasilan petani kelapa.

[Rahadi]

#Kadin Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index