Sistem Samsat Terpusat Akan Diterapkan di Pasaman Barat

Sistem Samsat Terpusat Akan Diterapkan di Pasaman Barat
Ipda Wi Hadi, Zirwan, Wendri, Efit Syahrial, Ipda Irawandy , Suhendri, Akbar, dan Asnawi. (Dok. Istimewa)

PADANG - Ujicoba pengimplementasian sistem Samsat Terpusat dilakukan di Pasaman Barat dari tanggal 27 Maret - 1 April 2019.

Tim IT dari UPT Sistem Informasi Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat melakukan fasilitasi, sosialisasi dan pendampingan terhadap aparatur pelayanan publik di Samsat Pasaman Barat (UPTD PPD di Simpang Ampek).

Pembenahan layanan ini diharapkan untuk memudahkan wajib pajak serta masyarakat untuk mengakses pelayanan pembayaran pajak kendaraan. 

Seiring dengan hal ini, telah dibuka pula pelayanan Samsat Nagari yang diujicoba di Kantor Walinagari Air Bangis Pasaman Barat yang beroperasi mulai hari ini, Kamis (28/3/2019).

Peningkatan pelayanan pada sistem informasi juga diterapkan pada Samsat Keliling yang diujicoba hari ini juga Kamis (28/3/2019) di Silaping Pasaman Barat. 

Ahmad Suhendri, Kepala UPT SI Badan Keuangan Daerah Sumbar menyampaikan, melalui layanan yang diperbaharui ini, di Samsat Nagari dan Samsat Keliling masyarakat dapat mengakses pembayaran pajak kendaraan seri plat nomor seluruh Sumatera Barat.

"Pembayaran pajak kendaraan plat hitam, plat kuning dan plat merah, data kendaraan terpusat, pengembangan fitur layanan, konsistensi laporan yang semuanya akan bermuara kepada pencapaian target pendapatan daerah Sumatera Barat lebih baik," ungkap Suhendri.

Senada dengan itu Kepala UPTD PPD di Simpang Ampek, Wendri menyambut baik implementasi ini di Pasaman Barat dengan menyediakan sarana dan prasarana serta akses lainnya.

Hal ini dilakukan agar pelayanan di Samsat Pasaman Barat bisa berjalan dengan lebih sempurna dan memudahkan masyarakat Pasaman Barat dalam membayar pajak kendaraannya. 

"Kita lakukan secara learn by doing. Langsung kita terapkan pada layanan hari ini di kantor Samsat Pasbar di Simpang Ampek, di Samsat Nagari di Air Bangis dan Samsat Kelilung yang jadwalnya hari ini ada di Silaping Ranah Batahan," urainya.

Menurutnya, yang paling penting, dengan sistem baru ini, Bank Nagari sebagai Kas Daerah langsung terlibat dalam pemungutan pajak pada titik-titik Samsat Keliling di Pasaman Barat sebagai kasir pembayaran pajak.

"Artinya, petugas Samsat dari Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat tidak lagi bersentuhan dengan uang pembayaran pajak,” kata Wendri.

Secara bersama, pada Kamis (28/3/2018) Pembukaan Layanan Samsat Nagari di Air Bangis Pasaman Barat dilakukan oleh Kepala UPTD PPD, Wendri di Simpang Ampek, dan perwakilan Dirlantas Polda Sumbar Ipda Irawandy yang didampingi Kanit Regident Polres Pasbar Ipda Wi Hadi, Koordinator Perwakilan Jasa Raharja Cabang Bukittinggi Akbar, Kepala Cabang Nagari Ujung Gading Zirwan dan Walinagari Air Bangis Drs. Efit Syahrial.

Kegiatan ini didukung dan disupervisi oleh tim IT Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat yang dipimpin Kepala UPT SI B KEUDA, Suhendri.

Mulai hari ini, masyarakat Air Bangis dan sekitarnya sudah dapat memanfaatkan layanan publik ini. Informasi selengkapnya silakan kunjungi Samsat Nagari di kantor Walinagari Air Bangis.

[Muhammad Fadhli]

Berita Lainnya

Index