Bupati Siak Launching ATM Beras di Kandis

Bupati Siak Launching ATM Beras di Kandis

SIAK - Bupati Siak Alfedri meresmikan penggunaan ATM Beras Baznas Kabupaten Siak di Masjid Nurul Hijrah, Kelurahan Simpang Belutu, Kecamatan Kandis, Selasa Subuh (15/5/2019). Kegiatan tersebut diselaraskan dengan pencanangan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dilingkungan jamaah dan remaja masjid.

Bupati Siak Alfedri mengatakan, peluncuran ATM beras ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan kaum muslimin di Kecamatan Kandis, selain itu penerima manfaat ATM beras juga diajak agar terbiasa sholat subuh berjamaah dimesjid, karena waktu penggunaan disesuaikan ba’da sholat subuh.

Atas beroperasinya ATM beras tersebut, Alfedri memberikan apresiasi secara khusus para pengurus Baznas. Ia berharap lewat inovasi yang telah dibuat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayarkan kewajiban berzakat.

"Kami sangat senang bisa hadir sholat subuh berjamaah di Masjid Nurul Hijrah ini, karena selain bisa menjalin silaturahmi juga sekaligus berkesempatan melaunching penggunaan ATM beras," kata Alfedri.

ATM beras juga merupakan bentuk tanggungjawab dari para amil, untuk mengimplementasikan prinsip distribusi zakat sesuai daerah pengumpulannya.

Kewajiban mengumpulkan zakat kata pemimpin Siak itu, berada pada pemimpin yang kemudian dilimpahkan kepada para Amil Zakat yang tergabung dalam Bazmas Siak. Untuk itu ia berharap, masyarakat Siak senantiasa sadar akan gerakan zakat untuk membantu kaum muslimin kurang mampu dan keberkahan negeri.

"Dimana kita mendapatkan harta disitu kita berzakat, semoga dengan berzakat kita bisa membantu masyarakat yang tidak mampu sesuai satu tugas kita sebagai umat muslim," tutup Alfedri.

Sebelumnya, Bupati Siak juga menyerahkan secara simbolis Kartu ATM beras kepada 5 orang masyarakat tidak mampu, di Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis.

Abdul Rasyid Ketua Baznas Kabupaten Siak mengatakan, Badan Amil Zakat menyampaikan dan membagikan zakat untuk kepentingan para mustahik, serta melayani para muzaki dalam menyalurkan kepada Fakir miskin yang salah satunya lewat keberadaan ATM Beras.

"Hari ini kita melaunching beras yang juga bagaimana melayani saudara kita yang kurang mampu. ATM beras ini merupakan yang keenam di Kecamatan Kandis," terang Abdul Rasyid.

Mulai Rabu pekan depan kata dia, juga akan dimulai launching ATM Beras yang sama di Kecamatan Sungai Apit. ATM beras ini sebutnya hanya beroperasi usai pelaksanaan sholat subuh, sehingga gerakan sholat subuh berjamaah dimesjid akan semakin ramai.

"Ada kesan baik terhadap atm beras ini, selain untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, juga untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat penerima manfaat zakat melalui sholat subuh berjamaah," kata Rasyid.

[Humas]

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index