Baru Berdiri, Yayasan Tumor Otak PVW Galang Konser Amal

Baru Berdiri, Yayasan Tumor Otak PVW Galang Konser Amal

HONG KONG, CINA – 29 Mei 2019 – Dengan visi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tumor otak dan memberikan bantuan keuangan kepada pasien dan keluarga penderita, adalah landasan berdirinya PVW Brain Oncology Foundation baru-baru ini. Salah satu langkah pertama yang dilakukan, Yayasan ini mengadakan acara penggalangan dana pertamanya, konser amal bertemakan Play Your Part!, yang digelar pada 21 Mei 2019 (Selasa) pukul 8:00 malam di Hong Kong Jockey Club Amphitheatre. Konser ini dipersiapkan secara sukarela oleh sekelompok musisi Hong Kong dan Macao. Liao Guomin, Direktur Musik Hong Kong Creative Orchestra, memimpin pertunjukan konser amal yang sangat menghibur ini.

Tujuan diselenggarakan Konser amal ini merupakan upaya mengingat kembali serta memberi penghargaan untuk Pieter Vance Wyckoff, anggota dari Hong Kong Philharmonic Orchestra sehingga yayasan ini diberi nama PVW (Pieter Vance Wyckoff). Pieter didiagnosis menderita tumor otak pada tahun 2018, dan keberaniannya dalam memerangi penyakit serius ini telah menjadi inspirasi besar bagi pasien dan keluarga.

Seperti diketahui, sekitar 300.000 orang di seluruh dunia didiagnosis menderita tumor sistem saraf pusat primer, tumor yang berasal dari jaringan otak, sering disebut sebagai kanker otak. Dari 200-250 kasus tumor otak yang baru didiagnosis di Hong Kong, 75 hingga 80 adalah kasus glioblastoma (GBM) baru.

Beberapa tumor, seperti GBM, sangat invasif. Hanya ada beberapa pilihan yang tersedia untuk pengobatan tumor jenis ini, dan secara umum pasien GBM (tergantung jenisnya) biasanya memiliki harapan hidup hanya 15 bulan. Seperti kanker lainnya, deteksi dini adalah langkah penting, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit ini adalah salah satu misi utama dari Yayasan Tumor Otak PVW.

Di lain hal, pasien dapat melawan kanker melalui berbagai pilihan perawatan seperti terapi radiasi dan kemoterapi. Namun sangat disayangkan, sebagian besar dana kanker di Hong Kong hanya tersedia untuk pasien dengan kanker yang lebih umum, pilihan pengobatan standar yang tersedia untuk pasien GBM memilik peluang sempit. Inilah sebabnya mengapa bagian dari misi Yayasan adalah mengumpulkan dana untuk memungkinkan pasien mengeksplorasi pilihan perawatan lain seperti Tumor Treating Fields.

“Berbeda dari kanker lainnya, dana yang diinvestasikan dalam penelitian kanker otak sangat terbatas. Kami berharap yayasan dapat menyebabkan lebih banyak orang ke GBM. Fokusnya adalah pada memungkinkan kita untuk memiliki lebih banyak sumber daya untuk penelitian lebih lanjut. Kami juga dapat memberikan pasien dengan bantuan keuangan dalam proses perawatan, serta dukungan dari pasien dan pengasuh mereka,” jelas Dr Pu Qinsun, Kepala dokter bedah saraf Pieter dan salah satu pendiri Yayasan tumor Otak PVW.

Sementara itu Istri dari Mendiang Pieter Wyckoff, Jen Shark, mengungkapkan kebahagiannya karena nama suaminya digunakan sebagai nama untuk Yayasan Tumor Otak tersebut.

“Mempunyai yayasan yang dinamai Pieter sangat berarti bagi saya. Pekerjaan yayasan membantu pasien tumor otak dan keluarga akan mencerminkan kekuatan dan kebaikan Pieter. Saya berharap Yayasan PVW akan menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi penderita tumor otak untuk mendapatkan informasi pilihan perawatan, kelompok pendukung dan pendanaan untuk mereka yang membutuhkan. Dalam skala yang lebih besar, saya berharap Yayasan ini akan membawa lebih banyak pilihan perawatan ke Hong Kong untuk pasien dengan tumor otak dan meningkatkan kesadaran tumor otak di kalangan masyarakat,” tuturnya.

Fase pertama penggalangan dana (termasuk hasil dari konser amal) akan digunakan untuk pengobatan lini pertama, lini kedua dan bantuan pada pasien dengan tumor sistem saraf pusat primer. Semua sumbangan tidak akan dikurangkan dari biaya administrasi apa pun untuk Yayasan Onkologi Otak PVW untuk membantu mereka yang membutuhkan. Publik dipersilakan untuk menyumbangkan bantuan di situs web berikut: http://pvwbraintumorfoundation.org.hk/.

Sebaagai informasi, Yayasan Tumor Otak PVW didirikan dengan bantuan perkumpulan Neuro-Onkologi Hong Kong (HKNOS). HKNOS adalah asosiasi medis profesional nirlaba yang terdiri dari sekelompok dokter, perawat, dan staf medis yang peduli pada pasien tumor otak Hong Kong. Yayasan Onkologi Otak PVW didirikan pada tahun 2019 untuk mendukung orang-orang yang terkena tumor otak, Yayasan ini sangat didukung oleh musisi dari Hong Kong Philharmonic Orchestra.

#Media OutReach

Index

Berita Lainnya

Index