Lawatan IslamicTunes di Medan Disambut Asosiasi Nasyid Nusantara Sumut

Lawatan IslamicTunes di Medan Disambut Asosiasi Nasyid Nusantara Sumut
Suasana diskusi IslamicTunes dengan ANN Sumut di Warung Edukasi – Medan, Selasa 23/7/2019. (Dok. Istimewa)

PADANG - Medan termasuk salah satu kota yang produktif dalam melahirkan karya lagu di blantika musik Indonesia. Banyak penyanyi sukses berasal dari kota ini.

Grup nasyidnya pun marak bermunculan. Ingin ikut membangun kejayaan nasyid di kota ini, H Rozman Abas, Founder and Advisor IslamicTunes bersama Tim melakukan lawatan ke Kota Medan dari tanggal 20 - 24 Juli 2019.

Pada acara kunjungan tersebut IslamicTunes melakukan pertemuan dengan Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) Sumatera Utara, membahas program-program yang dapat diimplementasi dalam upaya makin menyemarakkan nasyid di Provinsi Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

"Kami ingin keberadaan ANN Sumut lebih diperhatikan oleh Pemerintah, seperti untuk komunitas seni lainnya. Agar program kerja yang kami susun dapat terealisasi dengan baik. Sejauh ini, grup-grup nasyid di Medan cenderung bergiat secara mandiri," kata Untung Suropati, Ketua ANN Sumut saat pertemuan di Warung Edukasi jalan Halat, Medan, Selasa (23/7/2019).

IslamicTunes ingin merangkul semua pegiat nasyid di Medan untuk menggelar festival nasyid berskala provinsi, dengan mengajak pemerintah provinsi untuk terlibat langsung dalam menyukseskannya.

Sementara itu, Untung Suropati mengatakan, Kadang ada festival nasyid di Kota Medan yang menjadi jurinya bukan penyanyi yang memiliki latar belakang nasyid.

"Kami ingin ke depannya ANN Sumut bisa jadi salah satu referensi atau yang lebih sesuai kompetensinya." kata uuntung Suropati

Pertemuan ini juga dihadiri oleh beberapa penyanyi dari grup nasyid Syahdu, Nuzhic, dan para solois nasyid di Kota Medan.

"Untuk mendapat keyakinan dan supremasi dari pemerintah, kita harus mampu membuktikan keberadaan kita dengan menggelar event-event yang mengena dan direspon oleh masyarakat," kata Hanafi Zein, salah seorang panitia Festival IslamicTunes Batubara 2019.

Ketua Pelaksana Festival IslamicTunes Batubara 2019, Ermansyah Putra mengatakan, berkeinginan Festival IslamicTunes Batubara yang baru saja selesai digelar dapat berlanjut menjadi event berskala provinsi yang diadakan di Kabupaten Batubara.

"Bapak Bupati sangat mendukung rencana ini. Kami tengah menyusun proposal untuk bekal menghadap gubernur." kata Ketua Pelaksana Festival IslamicTunes Batubara 2019, Ermansyah Putra

Sebelum menutup pertemuan, Rozman Abas mengatakan, untuk meraih kesuksesan harus mampu bergerak bersama-sama, saling merangkul dan membesarkan. "Jika jalan sendiri-sendiri, tujuan utama dari bernasyid akan sulit kita wujudkan," tutupnya.

[Mhd Fadhli]

Berita Lainnya

Index