Pemprov Riau Inventarisir Luasan Karhutla

Pemprov Riau Inventarisir Luasan Karhutla
Ilustrasi.

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan langkah-langkah antisipasi dan penanganan terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Selain itu langkah inventarisir luasan karhutla juga terus dilakukan.

Poin ini dilakukan sebagai gambaran untuk dapat melakukan penanganan langsung di titik-titik karhutla. Begitu juga untuk mengevaluasi luasan karhutla yang terjadi di kabupaten/kota se Riau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edwar Sanger menegaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan menginventarisir secara berkelanjutan. Untuk gambaran awal, luas lahan yang terbakar di sejumlah kabupaten/kota mencapai 5.709.68 hektar.

“Tentunya kita terus memantau dan melakukan pemadaman. Gambaran awal luas lahan terbakar di Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau diantaranya di Rohul seluas 33.25 hektar, di Rohil seluas 1.106.45 hektar,” paparnya, Kamis (29/8/2019).

Luasan karhutla lain yang cukup besar yang di Bengkalis seluas 1.607.28 hektar dan kawasan Dumai ada kebakaran seluas 317.25 hektar. Kemudian di Kepulauan Meranti seluas 307.2 hektar. Lalu, di kawasan Siak seluas 734.7 hektar, di Pekanbaru seluas 144.47 hektar.

Disusul Kampar seluas 195.53 hektar, Pelalawan seluas 249 hektar, di Indragiri Hulu (Inhu) terbakar seluas 223,6 hektar. Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) seluas 775.35 hektar, serta di Kuantan Singingi (Kuansing) seluas 15.1 hektar.

Dengan langkah proaktif dan penanganan langsung bersama stakeholder terkait, diharapkan angka karhutla tidak lagi bertambah di Riau. (MCR/mz)

[Media Center Riau]

#Karhutla

Index

Berita Lainnya

Index