Desa Seberang Pulau Busuk Jaya Kuansing Terendam Banjir

Desa Seberang Pulau Busuk Jaya Kuansing Terendam Banjir

TALUK KUANTAN - Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Desa Seberang Pulau Busuk Jaya, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Ini disebabkan curah hujan dan debit aliran sungai Batang Kuantan yang tinggi.

Baru sekitar dua pekan banjir berlalu, namun kini tiba banjir lebih tinggi dari sebelumnya. Banjir kedua ini sudah merendam rumah warga semenjak tiga hari lalu.

Ketinggian air mencapai 2 meter. Aktifitas warga lumpuh total, bahkan menyebabkan padi petani terancam gagal panen.

Kepala Desa Seberang Pulau Busuk Jaya, Agus saat dikonfirmasi awak media mengatakan banjir yang terjadi merupakan bajir yang kedua kalinya pada tahun 2019. Genangan air lebih tingfi dari banjir yang pertama terjadi.

"Sekitar 200 rumah warga terendam air, ketinggian air di rumah warga mencapai 2 Meter lebih dari dasar lantai, dengan begitu tentunya masyarakat tidak bisa beraktifitas seperti biasanya, jangankan bekerja, menurutnya, memasak saja mereka harus membuat tempat diatas loteng," kata Agus.

Ditambahkan Agus, hingga saat ini warga lebih memilih tetap bertahan di rumah mereka dengan membuat balai di dalam rumah, guna mengamankan harta benda.

Saat ini, kata Agus, pihak Pemerintah Desa telah berupaya memberikan bantuan mie instan dan susu kepada masyarakat. Agus berharap semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi warga yang rumahnya terendam banjir.

"Saya dan perangkat desa tengah menyalurkan bantuan berupa mie instan dan susu kepada warga yang rumahnya terendam banjir, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi warga yang tertimpa musibah," ucap Agus.

[Penulis : Zulhendri]

Berita Lainnya

Index