Antisipasi Virus Corona, Kespel Dumai Pasang Alat Pindai Suhu Tubuh

Antisipasi Virus Corona, Kespel Dumai Pasang Alat Pindai Suhu Tubuh

DUMAI - Terminal Penumpang Laut Internasional Pelabuhan Pelindo Dumai lakukan antisipasi masuk Virus Corona dengan memasang alat pemindai suhu tubuh dan puluhan petugas kesehatan.

Walikota Dumai Zulkifli As meminta semua pihak agar berkerjasama mengantisipasi masuk Virus Corona yang pertama kali diidentifikasi berasal dari Kota Wuhan China ini bisa dibawa oleh penumpang datang ke pelabuhan Dumai.

"Semua personel dan sarana alat sudah dipersiapkan di pelabuhan untuk mengantisipasi masuk virus corona ini, petugas agar saling bersinergi dan lakukan penanganan cepat jika ada yang dicurigai," kata Walikota, Senin (27/1/2020).

Dijelaskan, Pemko Dumai sudah siapkan fasilitas penanganan medis untuk penumpang laut dari luar negeri yang dicurigai membawa masuk virus ini di rumah sakit umum daerah dengan menyiapkan dua ruang karantina.

Pelabuhan Dumai sebagai pintu masuk penumpang luar negeri harus waspada terhadap masuknya penyakit zoonosis atau yang ditularkan dari hewan ke manusia ini, karena itu pencegahan masuk harus dilakukan.

"Pemerintah ttidak mau ada resiko dengan masuk virus ini, dan semua penumpang turun di pelabuhan harus diperiksa suhu panas tubuh untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut," ujar Zulkifli.

Sementara, Kepala Seksi Pengendalian, Karantina dan Surveilan Kesehatan Pelabuhan Suprapto menyebut, dua alat pemindai suhu tubuh sudah dipasang di areal terminal penumpang untuk mendeteksi virus dibawa dari luar negeri, pemeriksaan dimulai dari dermaga hingga ke pintu masuk dan keluar.

Kegiatan pemeriksaan ini, lanjutnya, tidak saja dilakukan saat isu Virus Corona mewabah, namun rutin untuk mengecek kesehatan antisipasi penyakit lain yang dibawa penumpang, misalnya, flu burung, MERs dan lainnya, dan sejauh ini tidak ditemukan penumpang suspeck Virus Corona di Pelabuhan Internasional Kota Dumai.

“Selama pengecekan penumpang dari Malaysia tidak ada ditemukan suspeck virus corona di terminal internasional Pelabuhan Pelindo I Dumai, dan langkah antisipasi dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan menggunakan alat pemindai suhu tubuh," kata Suprapto.

Apabila ditemukan penumpang memiliki suhu badan tinggi dan dicurigai gejala Virus Corona, maka akan dilakukan penanganan medis sesuai prosedur untuk pencegahan masuk ke Pelabuhan Dumai. (zk)

#PT Pelindo

Index

Berita Lainnya

Index