Festival Dai Daiah Audisi se Kabupaten Batubara Targetkan ke AKSI Indosiar

Festival Dai Daiah Audisi se Kabupaten Batubara Targetkan ke AKSI Indosiar

PADANG - Untuk menyalurkan bakat serta upaya dalam melahirkan generasi baru yang aktif berdakwah, DPD Generasi Pemuda Masjid Indonesia (GPMI) Kabupaten Batubara pada Senin 27 Januari 2020 secara resmi membuka pendaftaran bagi calon peserta untuk ikut Festival Da'i Dai'ah Audisi se-Kabupaten Batubara.

Audisi akan digelar pada tanggal (7/3/2020), babak finalnya pada tanggal (8/3/2020) di Halaman Masjid An-Nur Bagan Dalam, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatra Utara.

Ketua Penyelenggara, Riski Andika Putra mengatakan festival ini dalam rangka menyambut peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tujuannya untuk membentuk dan mengembangkan karakter pemuda muslim. Sebagai regenerasi bangsa yang berintelektual dan agamis, mencintai agama dan negara. Terkhususnya cinta kepada dakwah.

"Harapankan kami selaku pihak penyelanggara acara, semoga para peserta nantinya akan menjadi seorang dai dan daiyah yang handal dalam segala bidang. Baik itu bidang imtaq dan juga di bidang imtek.” kata Riski saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Senin (27/1/2020).

“Kami terinspirasi menyelenggarakan festival ini karena generasimuda yang ada di Kabupaten Batubara ini cukup banyak, dan mereka punya bakat untuk menjadi seorang dai atau daiyah. Dengan hadirnya festival ini semoga bakat mereka yang terpendam selama ini bisa tersalurkan,“ kata Riski yang juga tengah menjabat sebagai Ketua Umum DPD GPMI Kabupaten Batubara periode 2019-2024.

Riski juga mengatakan, festival ini untuk pertama kalinya akan digelar. Para pemenangnya akan dibimbing dan beri pembinaan lanjutan untuk disiapkan tampil di tingkat nasional, salah satunya di Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar.

"Insyaa Allah, festival ini akan rutin kami laksanakan tiap tahunnya. Untuk pelaksanaan pada tahun ini, pesertanya khusus dari Kabupaten Batubara. Insyaa Allah, ke depannya akan kita buat berskala provinsi.” kata Riski Andika Putra.

Kesulitannya saat ini ada pada dana. Dana yang terkumpul masih minim, sementara biaya yang diperlukan untuk mengangkat festival ini sangat besar. Ia mengharapkan adanya bantuan dari para donatur agar acara ini nantinya bisa berjalan dengan sukses.

"Selaku panitia pelaksana acara, kami terus berusaha dan berdoa, untuk mewujudkan kesuksesan acara ini,” kata Riski.

Seperti yang dikatakan Riski, saat ini panitia penyelenggara acara masih sibuk menggalang dana, melalui proposal, salah satunya kepada Pemerintah Kabupaten. Ia berharap, semoga Pemerintahan Kabupaten Batubara mendukung sepenuhnya pelaksanaan festival ini.

“Untuk sementara, demi terselenggaranya festival ini, kami bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Hawari Indonesia, Remaja Masjid An-Nur Bagan Dalam, serta dukungan dari kreatifKu production, dan IslamicTunes. Bagi yang ingin ikut jadi peserta Festival Da'i Dai'ah Audisi se-Kabupaten Batubara dapat menghubungi 0813-6256-0641,” kata Riski.

[Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli]

Berita Lainnya

Index