CPO Milik PT SDS Tumpah ke Laut Dumai

CPO Milik PT SDS Tumpah ke Laut Dumai

DUMAI - Perairan di Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai kembali tercemar minyak crude palm oil milik PT Sari Dumai Sejati (SDS) yang tumpah, diduga akibat selang putus saat transfer ke kapal, Selasa.

Akibat tumpahan minyak kelapa sawit ini, diperkirakan setengah ton atau 500 liter meluber dan mengapung di wilayah dermaga milik PT SDS.

Humas PT SDS Kamero Bangun mengatakan, tumpahan minyak CPO ini terjadi karena selang putus, sekitar pukul 06.00 Wib disaat sedang berlangsung proses transfer minyak ke kapal.

"Saat proses transfer ke kapal selang putus dan terjadilah tumpahan," kata Kameru kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Dijelaskan, untuk pembersihan minyak menguning di sekitar dermaga, perusahaan dibantu PT Pacifik Indopalm Industries dan Inti Benua Perkasatama dengan melakukan pembersihan dan memasang oil boom.

“Kita sudah melakukan tindakan pembersihan berkerjasama dengan PT PII dan IBP untuk memasang oil boom untuk pemblokiran minyak menyebar ke area lain," sebutnya.

Disamping itu managemen juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai untuk mengambil tindakan membatasi penyebaran minyak dan lakukan pembersihan.

Sementara, Komisi III DPRD Dumai Johannes MP Tetelepta menyebut bahwa setiap kejadian yang berdampak pada lingkungan harus ditindaklanjuti agar segera dilakukan penanganan dan pemulihan.

Anggota dewan dan masyarakat umum, lanjutnya, bisa melapor atau menindaklanjuti jika mengetahui terjadi insiden pencemaran lingkungan, karena itu segera akan dilakukan pengecekan ke lokasi.

"Kita akan tindak lanjuti agar setiap kejadian pencemaran lingkungan ini tidak meresahkan masyarakat sekitar," kata Johannes.

Dinas LH dan KSOP Dumai dilaporkan sedang menggelar pertemuan untuk membahas tindaklanjut kejadian tumpahan minyak CPO yang meluber ke laut ini.***(zk)

#Apical

Index

Berita Lainnya

Index