Gubri Bersama Kapolda Riau Launching Posko Relawan Karhutla

Gubri Bersama Kapolda Riau Launching Posko Relawan Karhutla

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi resmikan sekaligus melaunching posko relawan pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau, di anjungan Sri Gemilang, Purna MTQ. 

Peresmian dan launching posko relawan Karhutla ditandai dengan penekanan tombol sirenei termasuk oleh enam Rektor dari berbagai universitas, yakni Universitas Riau (Unri), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning (Unilak), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Gubri dalam sambutannya, menyatakan apresiasinya atas atas launching posko relawan Karhutla yang dilaksanakan hari ini. Apalagi, didalam posko relawan tersebut, diisi dari perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas dan komunitas lainnya yang peduli Karhutla.

"Kami tentunya sangat mengapresiasi. Ini sebagai bentuk keperdulian terhadap masalah Karhutla, dan bersinergi dengan pihak kampus dan berbagai komunitas peduli Karhutla," kata Gubri, Kamis (30/1/2020).

Dengan hadirnya posko relawan Karhutla ini, akan berdampak positip dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla dengan bersinergi dengan pihak terkait seperti Polri, TNI, BPBD Riau termasuk intitusi lainnya. 

Melalui peran relawan yang sebagian besar berasal dari mahasiswa ini, akan dapat mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran akan bahaya Karhutla kepada masyarakat.

Selain itu, orang nomor satu di Riau ini juga menyinggung soal perkiraan dari Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mempridiksi, pada tahun ini kemarau di Riau lebih panjang dibanding 2019 lalu. 

Karena itu, melalui relawan ini dihatapkan akan semakin memaksimalkan langkah pencegahan dan penanggulangan akan semakin maksimal dilakukan. 

"Masalah Karhutla, bukan hanya persoalan kita, tapi juga Indonesia. Karena dengan georgrafis kita berhadapan dengan negara tetangga, tentunya ada masalah martabat negara yang harus ditegakan. Untuk itu, sangat diharapkan, komitmen semua pihak melakukan pencegahan dan penanggulangan," ujar Gubri.

Pada kesempatan ini, dilakukan juga deklarasi komitmen bersama pencegahan dan penanggualangan termasuk digelarnya simulasi pemadaman kebakaran.***

[Mediacenterriau]

#Karhutla

Index

Berita Lainnya

Index