• Follow Us On : 

Waspadai Orang Positif Covid-19 Tanpa Gejala


Redaksi | Minggu,22 Maret 2020 - 17:46:22 WIB
Dibaca: 652 kali 
Waspadai Orang Positif Covid-19 Tanpa Gejala

JAKARTA - Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad), Mayjen TNI Dr dr Tugas Ratmono Sps MARS MH mengingatkan kepada seluruh pihak agar mewaspadai orang yang positif terpapar virus corona (Covid-19) tanpa gejala. Ia mengindikasikan bahwa ada orang yang terpapar virus corona, namun tanpa dimulai dengan tanda-tanda gejalanya.

"Dalam pengendalian orang tanpa gejala ini sangat penting dilakukan dari seluruh komponen, dari semua pihak, supaya orang tanpa gejala ini tidak dianggap tenang-tenang dan harus diketahui dengan baik," ujar Tugas Ratmono saat konpers di Graha BNPB yang ditayangkan melalui saluran YouTube, Ahad (22/3/2020).

Menurutnya, seluruh pihak penting melakukan pemgendalian terhadap orang tanpa gejala, Orang Dalam Pengawasan (OPD) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Hal itu penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Sebenarnya kita mengenali bahwa ada yang dikelompokkan dalam klaster orang sehat, orang tanpa gejala, sehat, tapi mungkin juga terpapar oleh Covid-19, kemudian setelah diketahui mungkin juga ada kontak erat dengan Covid-19 kemudian positif mungkin tanpa ada gejala ini dalam ODP," ujarnya.

Ia meminta mereka yang sudah mengalami gejala terpapar Covid-19 untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit rujukan. Sementara bagi masyarakat yang masih sehat, katanya, agar mengikuti instruksi pemerintah yakni dengan tidak keluar rumah atau membatasi diri berinteraksi dengan tatap muka.

"Jadi, kasus-kasus yang berat bentuknya yang seperti pneumonia atau yang sudah mengalami keluhan sesak napas tentunya ini harus dilakukan segera perawatan di rumah sakit yang mungkin menggunakan alat bantu seperti mekanik ventilator atau juga cukup pengawasan di ruang isolasi atau Intensive Care Unit sangat penting untuk menangani darurat bencana yang saat ini terjadi untuk melanda di Indonesia saat ini dan di seluruh dunia," terang dia.

[Okezone]


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Selasa,15 November 2016 - 14:55:08 WIB

Mempertahan Ideologi Pancasila, Waspadai Penyusup Komunis

JAKARTA (WAHANARIAU.COM) -- Ketua Umum (Ketum) Pemuda Pancasila Yapto Soeryo Soemarno menegaskan bah

BERITA LAINNYA
Senin,30 Maret 2020 - 13:35:01 WIB

Best SEO Marketing 3 Tips to Instantly Increase Sales for Your Business to Tide Through the COVID-19 Pandemic

SINGAPORE - Media OutReach - 30 March 2020 - Amidst the COVID-19 pandemic, many

Sabtu,28 Maret 2020 - 13:24:55 WIB

MSIG Channels RM170,000 to Ministry Of Health For Medical Equipment and Supplies For Hospitals and Healthcare Front Liners

MALAYSIA - Media OutReach - 28 March 2020 - MSIG Insurance (Malaysia) Bhd "(MSIG

Minggu,29 Maret 2020 - 17:03:44 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah Jadi 1.285

JAKARTA – Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Indonesia hingga

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI