Wawako Dumai Shalat Idul Adha di Masjid Habiburrahman

Wawako Dumai Shalat Idul Adha di Masjid Habiburrahman
H. Agus Widayat, Wakil Walikota Dumai

DUMAI - Wakil walikota Dumai H. Agus Widayat bersama ribuan umat Islam lainnya melaksanakan shalat Idul Adha 1435 H dilapangan Mesjid Habiburahman Jalan soebrantas, Minggu (5/10/2014) kemaren, dengan Khatib KH Tengku zulakanaen dari Jakarta.

Sebelumnya diagendakan shalat Idul Adha dilaksanakan dilapangan Bukit Gelanggang lalu dialihkan kemasjid Habiburrahman Karena halaman bukit gelanggang masih basah dan cuaca mendung ditakutkan waktu dilaksanakan sholat ead hujan turun.

Wakil walikota Dumai H. Agus Widayat usai shalat mengatakan bahwa hari raya kurban ini agar dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian sosial di antara sesama mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di muka bumi ini.

Sementara KH Tengku Zulkarnaen dalam khotbahnya mengatakan kesempatan untuk menghadapkan segala kerendahan diri dan kehinaan di hadapan Dzat Yang Maha Mulia dan Perkasa. Juga menghaturkan segala hajad dan kebutuhan hidup di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa, curhat atas kelemahan diri dan dosa-dosa di hadapan Allah yang Maha Pengampun.

Idul Adha identik dengan Qurban, tapi qurban yang dimaksudkan khotib dalam khutbah kali ini bukan sekedar menyembelih hewan qurban kemudian dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima.

"Qurban yang dimaksudkan adalah melaksanakan pengurbanan hakiki, yakni mengurbankan sebagian yang kita miliki dan cintai, baik harta benda maupun penghormatan untuk dibagikan kepada orang yang lebih membutuhkan, hal itu dilakukan semata-mata untuk melaksanakan “ta’abbudan lillah”, semata-mata mengabdi kepada Allah dalam rangka memperingati dan mengenang pengurbanan besar yang dilakukan Nabiyullah Ibrahim as beserta keluarganya," tukas Khotib.(wrc)

Berita Lainnya

Index