Kepala Puskesmas Sampaikan Materi Kesehatan Kepada JCH

Kepala Puskesmas Sampaikan Materi Kesehatan Kepada JCH

BAGANSIAPIAPI - Kepala Puskesmas Panipahan dr Hj Netty Juliana menyampaikan materi kesehatan kepada 7 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

 

"Kemarin sudah saya sebagai narsumber dan memaparkan materi kesehatan," kata Nety, Senin (18/4/2016) kemarin.

Pelaksnaan Pra Manasik ini dijadwalkan dari mulai tanggal 13 April sampai dengan 19 April 2016 dipusatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Palika. Sebanyak 7 orang JCH yang akan berangkat tahun ini semua hadir mengikuti acara setiap harinya dengan berbagai materi yang telah disusun oleh Kepala KUA Firdaus,S.Ag. Acara ini dilaksanakan atas inisiatif JCH itu sendiri yang diketuai oleh pak Robi'in.

 

Adapun jadwal kegiatan selama sepekan diantaranya, Untuk hari pertama diisi materi kesehatan jemaah haji oleh kepala Puskesmas Panipahan Dr.Hj.Netti Juliana, hari kedua pengalaman ibadah haji oleh bapak sekcam H.M.sidik, S.Ag,MSi., Hari ketiga tata cara haji dan umrah oleh Drs.H.Abdul Rauf, hari ke empat rukun haji dan syarat ibadah haji oleh H.Ismail MT, hari kelima dan ke enam praktek manasik oleh Drs. H.Rauf serta hari ketujuh ibadah dalam shafar oleh bapak Firdaus,S.Ag.

 

Dalam bimbingan kesehatannya kepala Puskesmas Panipahan menyampaikan pada seluruh JCH yang hadir agar selalu menjaga kesehatan dari sejak berangkat, pelaksanaan dan kepulangannya.

 

"Seperti memeriksakan kesehatan secara berkala setiap Minggu ke puskesmas agar jika ada masalah kesehatan sejak awal dapat diatasi. Dan juga jika sudah memiliki penyakit yang perlu penanganan agar bisa terkontrol dengan baik. Untuk menjaga dan mencegah kesehatan tetap harus menerapkan PHBS pada dirinya sendiri seperti membiasakan dirinya dengan mencuci tangan pakai sabun," jelas Netty.

 

Selaian itu jamaah juga disarakan untuk memakai masker selama di tanah suci, menghindari makanan manis yang dapat merangsang batuk, jangan minum air es agar tidak bermasalah dengan kesehatan lambungnya. Olahraga kebugaran dengan membiasakan diri berjalan kaki setiap pagi hari agar selama di tanah suci dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

 

"Harapan kita 7 orang yang berangkat dari pasir limau kapas kembalinya juga 7 orang. Tahap pemeriksaan kesehatan pertama di Puskesmas Panipahan telah dilaksanakan 22 Maret 2016 yaitu diikuti JCH," kata Netty.

 

Adapun 7 Jmaah Asal Palika diantaranya Darwis Harahap, Zuleha KH salam, tasimah kabut Adam, Rodyah Kabut Adam, Masri H Saleh Manap, Robi'in Ibrahim Reso dan Warni Matin Jatim. As

(said/adv)

Berita Lainnya

Index