Sambut Pilkada Serentak, Sekda Inhil Ikuti Apel Gelar Pasukan Bersama TNI / Polri

 

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Said Syarifuddin mengikuti apel gelar pasukan bersama TNI / Polri guna menyambut penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2018 di lapangan upacara Gemilang, Jalan Gadjah Mada, Tembilahan, Jum'at (5/1/2018) pagi.

Apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra dan dinamakan dengan Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018 turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Camat dan Kapolsek se - Kabupaten Inhil.

Tujuan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Praja Muara Takus 2018 ini adalah untuk memeriksa kesiapan personel serta kelengkapan sarana dan prasarana Polri juga unsur terkait lainnya sebelum diterjunkan ke lapangan.

Kesiapan dari segala aspek itu juga dimaksudkan agar semua perencanaan yang telah disusun berjalan dengan optimal sehingga Pilkada serentak Gubernur / Wakil Gubernur Riau dan Bupati / Wakil Bupati Indragiri Hilir dapat berakhir sukses.

Sekda mengatakan, Polri memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan pada pesta demokrasi yang akan segera dilangsungkan pada bulan Juni mendatang.

"Peranan itu terletak pada setiap tahapan Pilkada, mulai dari pra, hari - H maupun pasca pemungutan suara," tukas Sekda kepada wartawan saat diwawancarai seusai Apel digelar.

Menurut Sekda, ketertiban dan keamanan yang terjaga tentunya merupakan indikator penyelenggaraan Pilkada serentak yang kondusif sehingga dapat meminimalisir kemungkinan munculnya sengketa Pilkada pasca pemungutan suara.

"Suasana Pilkada yang kondusif tentu akan memberikan hasil yang objektif. Akan ada banyak sekali dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari Pilkada yang berlangsung chaos (Kacau, red)," papar Sekda.

Disamping itu, Pilkada yang berlangsung aman dan tertib, dikatakan Sekda juga merupakan cerminan dari penyelenggaraan pesta demokrasi yang adil dan beradab. Untuk itu, lanjutnya, segenap elemen masyarakat diminta agar dapat peduli dan berpatisipasi dalam penyelenggaraan Pilkada yang aman dan tertib.

Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra yang bertindak sebagai Inspekrur Upacara, memerintahkan segenap Jajarannya untuk dapat senantiasa menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada serentak sebagaimana amanat yang diberikan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol, Drs Nandang, MH.

Tak hanya itu, Kapolres juga mengimbau kepada segenap jajaran Polres Inhil untuk mengenalo wilayah tugas dan selalu melaksanakan kewajiban secara profesional dan proporsional dengan mengedepankan upata deteksi dini dan preventif. "Hindari sikap yang arogan, jalin koordinasi yang harmonis dengan unsur terkait serta tingkatkan kewaspadaan," imbau Kapolres.

[gal/dex]