Musrenbang RKPD 2019, Pj Bupati Inhil Minta Inisiatif OPD Cari Sumber Dana Lain Jalankan Program

 

TEMBILAHAN - Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Inhil, Rudyanto meminta inisiatif dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mencari sumber dana lain guna menjalankan kegiatan keprograman.

Bukan tanpa sebab, permintaan Pj Bupati ini ternyata didasarkan atas pertimbangan alokasi dana di APBD Kabupaten Inhil yang berkisar Rp 1,2 Trilyun per tahun anggaran relatif tidak memadai untuk meng - cover seluruh kegiatan keprograman dari masing - masing OPD.

Menurut Pj Bupati, sumber keuangan lain dapat diakses oleh OPD melalui Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Pusat. Dana tersebut, imbuhnya akan dapat diperoleh dengan usaha dan kerja keras masing - masing OPD.

"Dari dana Rp1,2 triliun itu, tentunya hanya sedikit porsi yang bisa tertampung. Kepada OPD untuk rajin mencari dana tambahan baik ke Pemprov maupun ke Pusat," kata Pj Bupati pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD, Senin (19/3/2018).

Selain menuntut keaktifan OPD dalam mengakses sumber dana lain, Pj Bupati juga meminta kepada OPD untuk bisa selektif dalam merealisasikan setiap kegiatan keprograman sesuai dengan skala prioritas.

"OPD semestinya bisa membuat skala prioritas, menentukan program mana saja yang harus diutamakan. Program dengan imbas lebih besar kepada masyarakat itu yang lebih diutamakan terlebih dahulu," pungkas Pj Bupati.

*Kunjungi Desa Harapan Makmur, Pj Bupati Inhil Juga Ambil Sumpah Jabatan 3 Pj Kades Kecamatan GAS*

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto berkesempatan mengunjungi Desa Harapan Makmur, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan juga sekaligus mengambil sumpah jabatan 3 (tiga) Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades), Rabu (14/3/2018) pagi.

3 Penjabat Kepala Desa Kecamatan GAS yang dilantik langsung oleh Pj Bupati Inhil, Rudyanto berasal dari Desa Harapan Makmur, Desa Idaman dan Desa Kelumpang yang mana lokasi pelantikan dipusatkan di gedung serba guna Desa Harapan Makmur.

Dalam sambutannya, Pj Bupati menyampaikan, pelantikan sekaligus pengambilan sumpah yang dilakukan ini bertujuan untuk mengabsahkan pergantian Kepala Desa yang sebelumnya telah habis masa jabatan dengan Penjabat Kepala Desa menjelang pelantikan Kepala Desa Definitif.

Lebih lanjut, Pj Bupati Inhil berpesan kepada Penjabat Kepala desa yang baru dilantik, agar dapat senantiasa memfokuskan diri dalam melaksanakan tugas dan amanah yang telah diberikan serta tanggung jawab yang dilimpahkan peraturan perundangan.

"Dihadapan saudara telah menunggu tugas yang merupakan kewajiban bagi saudara. Meski saudara tidak lama menjabat setelah ini, tetaplah fokus melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat serta melanjutkan jalannya program yang telah dicanangkan sebelumnya," tukas Pj Bupati.

Di akhir sambutannya, Pj Bupati juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama - sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menghindari perpecahan di masing - masing daerah dalam suasana Pilkada Serentak saat ini.*** [dex]