IKA - UR Tanah Merah Resmi Dilantik. Ketua IKA - UR Kabupaten Inhil Minta Alumni Sebarkan Keunggulan UNRI

 

TEMBILAHAN -- Kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA - UR) Kecamatan Tanah Merah masa bakti 2018 - 2022 resmi dilantik. Ketua IKA - UR Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin meminta para alumni menyebarluaskan informasi tentang keunggulan Universitas Riau (UNRI) kepada  bakal calon mahasiswa.

Menurut Ketua IKA - UR, H Said Syarifuddin yang hadir juga dalam kapasitas sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Universitas Riau merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Provinsi Riau. Bahkan, secara Nasional, Universitas Riau berada pada urutan ke - 20 terbaik.

"Keunggulan seperti inilah yang dapat kita sebarluaskan selaku alumni kepada para bakal calon mahasiswa, anak - anak kita yang baru lulus SMA," ujar H Said Syarifuddin di Aula Kantor Camat Tanah Merah, Kuala Enok, Sabtu (21/4/2018) siang.

H Said Syarifuddin mengungkapkan, selama ini, Universitas Riau telah banyak melahirkan lulusan yang sukses berkiprah, baik di dalam Pemerintahan maupun di sektor swasta.

"Tidak mengherankan telah banyak lulusan yang dilahirkan Universitas Riau. Sebab, Universitas Riau merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang tertua di Kabupaten Inhil," tandas Ketua IKA - UR Kabupaten Inhil ini.

Ketua IKA - UR Kecamatan Tanah Merah, Ali Thamrin dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan pelantikan tidak hanya menjadi sebatas kegiatan seremonial belaka tanpa adanya kerja nyata atas program - program yang digagas bersama.

"Kami seluruh pengurus IKA - UR Kecamatan Tanah Merah mengaku siap untuk dilibatkan dalam setiap kegiatan keorganisasian sebagai realisasi dari program - program yang telah dirumuskan," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ahmad Ramani, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Inhil, H Mukhtar T, Sekretaris Badan Perencanaan Daerah, Andrismar serta sejumlah pengurus IKA - UR Kabupaten Inhil.

*Dihadiri 2 Sekda*

Terdapat keistimewaan dalam kegiatan pelantikan Kepengurusan IKA - UR Kecamatan Tanah Merah. Sebab, pada prosesi pelantikan, hadir 2 (Dua) orang Sekretaris Daerah sekaligus.

Kedua Sekretaris Daerah tersebut adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Dianto Mampanini yang hingga saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris IKA - UR Kabupaten Inhil.

Kebahagiaan bercampur haru tercipta pada kegiatan pelantikan manakala Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Dianto Mampanini mengucapkan salam perpisahan kepada segenap hadirin.

"Inhil adalah kampung Saya meski Saya lahir di Pangean, Kuantan Singingi dan besar di Pekanbaru. Saya ucapkan terima kasih kepada segenap warga Inhil dan maaf atas segala kesalahan," tukas Dianto Mampanini.

*Ranting HNSI Tanah Merah Terbentuk, Ketua DPC HNSI Inhil Lantik Belasan Fungsionaris*

Pengurus Ranting Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Tanah Merah resmi terbentuk seusai dilakukannya pelantikan terhadap belasan fungsionaris oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HNSI Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Said Syarifuddin, Sabtu (21/4/2018) siang.

Peresmian pembentukan Pengurus Ranting HNSI Kecamatan Tanah Merah masa bakti 2018 - 2023 ditandai dengan pembacaan serta penandatanganan Naskah Pelantikan dan penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua DPC HNSI Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin kepada Ketua Pengurus Ranting HNSI Kecamatan Tanah Merah, Yusuf Azis.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin yang hadir juga dalam kapasitas sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil menyebutkan, tujuan dibentuknya HNSI adalah sebagai wadah untuk menampung aspirasi para nelayan.

"Meski kita bukan pengambil kebijakan, namun aspirasi yang ditampung melalui HNSI bisa kita rekomendasikan kepada pihak Pemerintah selaku pengambil kebijakan," tukas Ketua DPC HNSI, H Said Syarifuddin dalam sambutannya di Aula Kantor Camat Tanah Merah, Kuala Enok.

Melalui kebijakan yang diambil, maka dikatakan H Said Syarifuddin, kemaslahatan yang bermuara pada kesejahteraan para nelayan akan dapat tercapai. Adanya kesejahteraan diyakini akan memberi imbas positif terhadap daerah bahkan negara. Hal ini, lanjutnya, telah sesuai dengan tag line HNSI, yakni 'Nelayan Sejahtera, Negara Kuat'.

"Kita Ketahui bahwa Inhil merupakan daerah yang berada di kawasan pesisir. Banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Lebih lagi Tanah Merah yang berbatasan langsung dengan lautan. Maka, akan sangat tepat bila Inhil, dalam hal ini Tanah Merah membentuk HNSI," jelas H Said Syarifuddin.

Sebagaimana tujuan pembentukan HNSI, H Said Syarifuddin berharap agar HNSI Kecamatan Tanah Merah dapat berperan aktif dalam menghimpun aspirasi nelayan setempat.

Usai prosesi pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah antara HNSI Kecamatan Tanah Merah dengan Ketua HNSI Kabupaten Inhil serta jajaran pengurus lainnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Inhil, H Mukhtar T, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Inhil, Ahmad Ramani, Sekretaris Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Inhil, Andrismar dan Camat Tanah Merah, Yuliargo serta sejumlah pengurus DPC HNSI Kabupaten Inhil.*** [dex]