Tim Supervisor RSUD Dumai Berikan Penyuluhan DBD

 

Jum'at, 19 Juli 2019

 

DUMAI - Tim Supervisor Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai menggelar edukasi kelompok dengan tema Demam Berdarah Dengue (DBD) bertempat di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Kota Dumai. Rabu (17/7/2019).

Yuni Agustina sebagai pemberi penyuluhan tentang DBD mengatakan, penyakit menular akibat virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue.

DBD taraf awal menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Sementara demam berdarah yang parah, juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever (demam dengue), dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian.

Edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat pada umumnya berupa peningkatan kesadaran masyarakat, dalam upaya untuk mengendalikan dan mencegah penularan virus dengue, dengan cara membasmi nyamuk melalui pemberantasan sarang nyamuk.

Upaya pengendalian dan pemberantasan penyakit perlu terus dilakukan untuk memutus rantai penularan penyakit. Upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam pemberantasan sarang nyamuk, adalah dengan cara 3M, yaitu menguras, menutup dan Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular dengue.

"Sedangkan yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan 3M yang diikuti dengan menaburkan bubuk larvasida, menggunakan anti nyamuk, menggunakan kelambu, memelihara ikan pemangsa jentik, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk," katanya.

Upaya pencegahan ini perlu digiatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular dengue.

"Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan." tutupnya.

Artikel atau Galleri Foto ini merupakan bentuk kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.
[Galleri Foto]

Pemateri Yuni Agustina memberikan materi edukasi kesehatan tentang DBD kepada puluhan masyarakat yang hadir di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Dumai.
Masyarakat tampak antusias mendengarkan Yuni Agustina memberikan materi edukasi kesehatan tentang DBD kepada puluhan masyarakat yang hadir di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Dumai.
Masyarakat tampak antusias hingga berdiri mendengarkan Yuni Agustina memberikan materi edukasi kesehatan tentang DBD kepada puluhan masyarakat yang hadir di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Dumai.
Pemateri Yuni Agustina saat menjawab pertanyaan salah seorang masyarakat pada sesi tanya jawab usai memberikan materi edukasi kesehatan tentang DBD di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Dumai.
Pemateri Yuni Agustina saat memberikan kata penutup usai sesi tanya jawab pada edukasi kesehatan tentang DBD di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Dumai.
Tim Supervisor RSUD Kota Dumai berfoto bersama usai memberikan edukasi kesehatan tentang DBD di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Dumai