Pedoman Media Siber


Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

  1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

  1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
  2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
  3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
    1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
    2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
    3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
    4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
  4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

  1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
  2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
  3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
    1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
    2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
    3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
  5. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
  6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
  7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
  8. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

  1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
  3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
  4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
    1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
    2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
    3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
  5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

  1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
  3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

  1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
  2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

 

Jakarta, 3 Februari 2012
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).


TULIS KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA
Bawaslu Riau Minta KPU Percepat Verifikasi DPTBawaslu Riau Minta KPU Percepat Verifikasi DPT Surat Cinta Karyawan Mimi Perabot Ujung Batu Berujung Kantor PolisiSurat Cinta Karyawan Mimi Perabot Ujung Batu Berujung Kantor Polisi Ini Pesan Ombudsman RI Untuk Mahasiswa di Riau Saat Kuliah Umum di UnriIni Pesan Ombudsman RI Untuk Mahasiswa di Riau Saat Kuliah Umum di Unri Blockchain Practitioner China Conference and Awards 2018 Has Successfully ConcludedBlockchain Practitioner China Conference and Awards 2018 Has Successfully Concluded ''Hong Kong Licensing Awards 2018'' Opens for Entries Recognizes Achievements of Licensing Professionals Enhances Development of Local Creative Industries''Hong Kong Licensing Awards 2018'' Opens for Entries Recognizes Achievements of Licensing Professionals Enhances Development of Local Creative Industries Jelajahi Keajaiban Hong Kong dari sky100 dengan Pembukaan Express Rail Link atau Kereta Cepat Guangzhou-Shenzhen-Hong KongJelajahi Keajaiban Hong Kong dari sky100 dengan Pembukaan Express Rail Link atau Kereta Cepat Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong Explore the Wonders of Hong Kong from sky100 with the Opening of the Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong Express Rail LinkExplore the Wonders of Hong Kong from sky100 with the Opening of the Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong Express Rail Link Over 60 E-commerce Companies at the 4th DATE EXPO Demonstrating Taiwan's E-commerce CapacitiesOver 60 E-commerce Companies at the 4th DATE EXPO Demonstrating Taiwan's E-commerce Capacities Penelitian Nexusguard Mengungkap Peningkatan 500 Persen Dalam Rata-rata Ukuran Serangan DDoSPenelitian Nexusguard Mengungkap Peningkatan 500 Persen Dalam Rata-rata Ukuran Serangan DDoS Citizens Continue Spending Big on Travel ITE Hong Kong’s Survey Reveal Affluent Travelers’ PreferencesCitizens Continue Spending Big on Travel ITE Hong Kong’s Survey Reveal Affluent Travelers’ Preferences CUHK Business School Research Reveals How Cultural Background Affects Chinese Immigrants' Overseas Property InvestmentsCUHK Business School Research Reveals How Cultural Background Affects Chinese Immigrants' Overseas Property Investments Hong Kong Celebrates the Mid-Autumn Festival with the Dazzling Tai Hang Fire Dragon DanceHong Kong Celebrates the Mid-Autumn Festival with the Dazzling Tai Hang Fire Dragon Dance Trade-to-Mine ABCC Token, Hold it to Earn Daily RewardsTrade-to-Mine ABCC Token, Hold it to Earn Daily Rewards SingularDTV Asia Crypto Artist Music Tour Proven a New Way to Embrace Entertainment Technology Empowered by BlockchainSingularDTV Asia Crypto Artist Music Tour Proven a New Way to Embrace Entertainment Technology Empowered by Blockchain Hong Kong Citizens continue Spending Big on Travel ITE Hong Kong’s Annual Survey reveal Affluent Travelers’ PreferencesHong Kong Citizens continue Spending Big on Travel ITE Hong Kong’s Annual Survey reveal Affluent Travelers’ Preferences Mars Digital Asset Bank Prospectus-Meeting The New Ecosystem of Blockchain FinanceMars Digital Asset Bank Prospectus-Meeting The New Ecosystem of Blockchain Finance Sendo Partners With DHL eCommerce For Domestic Delivery in VietnamSendo Partners With DHL eCommerce For Domestic Delivery in Vietnam UNPay’s Founder, Zhang Zhenghua, Named in Fortune China’s 2018 ''40 under 40'' ListUNPay’s Founder, Zhang Zhenghua, Named in Fortune China’s 2018 ''40 under 40'' List Hedges of the U.S. and India’s Agarwal Named Yidan Prize Laureates 2018Hedges of the U.S. and India’s Agarwal Named Yidan Prize Laureates 2018 ZomWork Strengthens Singapore’s Gig EconomyZomWork Strengthens Singapore’s Gig Economy Asia MMA Awards Hail King and Queen of the CageAsia MMA Awards Hail King and Queen of the Cage DHL eCommerce Launches Cash on Delivery For Cross Border eCommerceDHL eCommerce Launches Cash on Delivery For Cross Border eCommerce Demo di Purnama, Massa Aksi Teriak ''Pak Wali Takut''Demo di Purnama, Massa Aksi Teriak ''Pak Wali Takut'' Ketua DPC PKB Inhil Fokus Pertahankan Status PKB Sebagai Partai Pemenang PilegKetua DPC PKB Inhil Fokus Pertahankan Status PKB Sebagai Partai Pemenang Pileg Ketua DPC PKB Inhil Buka Kegiatan Pembekalan CalegKetua DPC PKB Inhil Buka Kegiatan Pembekalan Caleg
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI