Warga Pekanbaru Akan Gugat Perda Parkir Baru

Loading...

PEKANBARU, WAHANARIAU - Peraturan Daerah (Perda) parkir yang dibuat dan diajukan oleh Firdaus MT sewaktu menjabat Walikota Pekanbaru bakal digugat oleh warga. Karena dinilai dipaksakan dan tidak melalui kajian akademis terlebih dahulu.

Sebagaimana dikatakan oleh Praktisi Perkotaan, Mardianto Manan, ia menilai, Perda retribusi parkir ditepi jalan umum, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, terkesan terburu-buru tanpa dilakukan kajian yang matang terlebih dahulu.

"Ada tidak solusi Pemko soal parkir ini. Ada tidak gedung parkir yang disediakan dan ada tidak ruang parkir sesuai zonasi itu," kata Mardianto, kepada wartawan, Jumat (25/11/2016).

Padahal katanya, sebelum disahkan, perda parkir ditepi jalan umum ini sudah mendapat penolakan secara besar oleh masyarakat Pekanbaru. Menurutnya, tarif parkir Rp8000 itu jelas tidak masuk akal dan memberatkan warga ditengah rasio ekonomi yang sulit saat ini.

Loading...

"Meskipun mengambil zonasi, tetap saja akan bermasalah nanti. Dan kita tunggu saja kalau diberlakukan kita akan lakukan class action dan kumpulkan kuasa hukum untuk menggugat," tegas Akademisi UIR tersebut.

Menurutnya, perda retribusi parkir ditepi jalan umum ini, dinilainya perda asal yang ujung-ujungnya asal jadi tanpa kajian yang jelas dan matang. Baik dari segi pemetaan jalan maupun perencanaannya.

"Sosialisasinya perda ini saja belum ada, tau-tau akan mau diberlakukan. Ini akan krusial, bisa dicabut nanti," ungkapnya.

Ditambah, aturan zonasi penerapan  perda ditepi jalan unum terutama di jalan Sudirman, jelas-jelas mengangkangi aturan hukum yang lebih tinggi dimana, UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ disebutkan jalan nasional dilarang untuk mengadakan dan memungut parkir dibadan jalan.

"Kalau itu tetap diberlakukan dan dipungut parkir, jelas itu haram apalagi masuk dalam PAD," tutupnya.*** (Gagasanriau)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...