Masyarakat Desa Teluk Nibung Harapkan Kepedulian Pemerintah Daerah

TEMBILAHAN (WR) - Pemerintah Desa Teluk Nibung Kabupaten Indragiri hilir (Inhil), Riau mengharapkan adanya kepedulian dari pemerintah daerah terhadap perkembangan pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar desa berupa jalan poros.

"Jalan poros merupakan jalan penghubung antar 13 desa," ucap Kepala Desa Teluk Nibung Adnan, Sabtu.

Adnan mengutarakan, jalan poros yang merupakan jalan penghubung 13 desa juga kerap dilalui sebagai akses dalam melakukan kegiatan investasi maasyarakat desa, serta membantu kinerja birokrasi pemerintah antar desa.

Pada dasarnya, jalan poros ini telah dibangun oleh pemerintah desa, namun struktur pembangunan dibuat seadanya. Harapan kami tentunya ada upaya pemerintah untuk mengonversikan jalan sehingga memudahkan masyarakat melalui akses tersebut.

"Pelebaran jalan sangat kami butuhkan, karena jalan poros tersebut merupakan akses darat utama menuju desa lain.

Ia mengakui, jika pelebaran dilakukan oleh pemerintah desa dengan menggunakan perolehan Dana Desa (DD) ataupun Alokasi Dana Desa (ADD) maka akan terkendala terhadap pembangunan infrastrukur lainnya di dalam desa. karena pembangunan akan menyerap anggaran belanja yang besar.

Ia memprediksikan, pembangunan pelebaran jalan poros setidaknya menyerap anggaran Rp2 Miliar. sepanjang 25 meter lebar 3 meter disertai dengan pembuatan jembatan sebanyak 4 unit.

"tidak sedikit anggaran yang harus desa gunakan untuk pelebaran jalan tersebut, sementara perolehan dana desa tahun 2016 seluruhnya terserap untuk pembangunan tanggul sepanjang 4.323 Kilometer (KM).

Pembangunan tanggul memang merupakan program prioritas pembangunan desa Teluk Nibung pada tahun 2016 dalam melakukan upaya penyelamatan kebun kelapa masyarakat yang mengalami kerusakan.

Lebih lanjut ia menuturkan, kerusakan kebun kelapa itu sendiri saat ini mencapai 300 Ha. 

Besar harapan kami terhadap pemerintah Daerah membantu desa melakukan pelebaran terhadap jalan poros ini, sehingga perolehan dana bisa dimanfaatkan oleh desa untuk kepentingan lainnya.

"Seperti pembangunan kanalisasi perkebunan masyarakat yang juga menjadi perencanaan pemerintah untuk dibangun," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur perkebunan kelapa masyarakat menjadi prioritas pemerintah desa, karena pada umumnya masyarakat desa Teluk Nibung merupakan petani kelapa. (Adv)

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan kirim email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan