ADVERTORIAL

8 Tahun Meranti Terus Membangun

Loading...

MERANTI (WAHANARIAU) -- 19 Desember 2016 tepat 8 tahun usia Kabupaten Kepulauan Meranti. Daerah otonomi termuda di Provinsi Riau ini terus menunjukkan geliatnya dalam pembangunan. Sagu dan perdagangan adalah dua potensi andalan kabupaten yang berada di pesisir Selat Melaka ini.

Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi memiliki harapan khusus di usia 8 tahun daerah yang dipimpinnya. Dia mengharapkan masyarakat Meranti semakin mandiri dan sejahtera dalam berbagai segi kehidupan. Untuk itulah Pemkab Kepulauan Meranti memprioritaskan pembangunan pada sektor yang berhubungan langsung dengan kesejahteraan masyarakat yakni, pengembangan tanaman sagu, peningkatan sektor pertanian seperti padi, kopi dan karet. Juga pengembangan sektor perikanan dengan fokus peningkatan alat tangkap dan budidaya.

“Di usia 8 tahun ini kita harus bersatu padu dalam langkah menuju Kepulauan Meranti yang maju dan unggul dalam tatanan masyarakat madani. Kita terus berupaya mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dengan dukungan pada infrastruktur jalan, listrik, sektor pertanian dan perkebunan serta peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan peningkatan layanan kesehatan,” tegas Bupati.

Memang, eksistensi Meranti sebagai daerah pemekaran patut dibanggakan. Tokoh masyarakat Riau asal Kepulauan Meranti Drs H Wan Abu Bakar MS MSi menegaskan bahwa masyarakat Meranti telah menunjukkan bahwa daerahnya bisa membangun dan sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau. “Apa yang sudah dicapai dalam 8 tahun ini harus didukung. Mana yang kurang bersama kita perbaiki. Jadikan momentum hari jadi 8 tahun ini untuk terus melangkah maju dalam kebersamaan dan persatuan,” tegas dia.

Loading...

Bupati Meranti, Drs H Irwan MSi menyampaikan sambutan penuh haru tentang perjuangan pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam sidang paripurna istimewa DPRD.
Foto: Bupati Meranti, Drs H Irwan MSi menyampaikan sambutan penuh haru tentang perjuangan pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam sidang paripurna istimewa DPRD.

Dalam rapat Paripurna DPRD Meranti dalam agenda Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-8, dengan rasa haru yang mendalam, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh perjuangan Kabupaten Meranti H. Wan Abu Bakar yang saat itu menjabat Wakil Gubernur Riau, H. Said Hasyim, Profesor Yohanes Umar, Zulkaidil, Syamsurahman, Jalelawati, Sofian Hamzah dan juga Hj. Nirwana Irwan yang rela menjual rumahnya untuk perjuangan Kabupaten Meranti.

Terus membuka akses jalan poros dan jalan desa, yang tidak memakan anggaran yang sedikit sampai ratusan miliar pertahun, semuanya agar masyarakat yang tinggal didesa-desa dapat merasakan manfaat dari dampak pembangunan. Menyangkut Listrik dulunya elektrifikasi 32 persen kita sudah mencapai 87 persen khususnya dipedesaan dan pelosok daerah. Pemda sangat menyadari tanpa ada listrik tak mungkin mencibtakan kesejahteraan dan kwalitas pendidikan. 

Dalam rangka mensejahterakan masyarakat Pemda konsen menurunkan hatga keburuhan pokok, salah satu upaya dengan merevitalisasi pertanian dan perkebunan, sehingga masyarakat tidak terlalu tergantung lagi terhadap bahan pokok dari luar.

Begitu juga untuk mncukupi kebutuhan pangan, bawang, cabe, sayur mayur, berkat kerja keras SKPD terkait, telah muncul desa-desa pertanian yang mampu menyuply kebutuhan masyarakat. 

Juga mengucapkan terima kasih kepasa Gubernur Riau dan DPRD Provinsi Riau atas alokasi anggaran sebesar 139 Miliar ditahun ini kepada Kabupaten Meranti.

Untuk mendorong pembangunan Desa Pemda Meranti telah mengeluarkan program PMPM dan menggelontorkan anggaran sebesar 122 Miliar untuk membantu pembangunan berskala kecil di desa. 

Akibat jatuhnya harga minyak dunia terjadi rasionalisasi anggaran, kondisi itu harus diiringi dengan efisiensi belanja daerah, menyikapi hal itu Pemda sangat komit dengan menjalankan program pembangunan dengan skala prioritas. Bupati Irwan juga mengharapkan dukungan keamanan dari pihak terkait karena tanpa itu, kondusifitas daerah dan peningkatan investasi sulit dicapai.

Sementara itu Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Darius Husein menyampaikan dapat berkembang dan menjadi kebanggaan Provinsi Riau dari segi berbagai aspek. Dan berharap Kabupaten Meranti dapat memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal dalam membangun daerah.


Foto: Bupati Meranti, Drs H Irwan, MSi saat menjadi Inspektur upacara di halaman Kantor Bupati Meranti dalam rangka HUT Kepulauan Meranti ke 8

Bupati Irwan Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016
*Ajak Segenap Masyarakat Bersatu Padu Bangun Meranti

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016, Upacara dalam rangka mengenang terbentuknya Kabupaten Meranti pada Tanggal 19 Desember 2008 lalu, dipusatkan di Halaman Kantor Bupati, Senin (19/12/2016).

Turut hadir dalam upacara itu, Wakil Bupati H. Said Hasyim, Ketua DPRD H. Fauzy Hasan dan Anggota, Mantan Gubernur Riau dan Tokoh Masyarakat H. Wan Abu Bakar, Anggota Forkopimda, Kapolres Meranti AKBP. Barliansyah, Dandim 0303 Bengkalis, Plt. Sekdakab. Julian Norwis, Kepala Instansi Vertikal, Ketua LAM H. Ridwan Hasan, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat. 

Dalam pidatonya sempena acara tersebut, Bupati Meranti Drs. H. Irwan, M.Si mengajak semua masyarakat untuk merenungkan kembali keberadaan diri, dalam rangka mengenang kembali sejarah panjang peristiwa terbentuknya Kabupaten Meranti. Yang menurut H. Irwan lahir atas dasar semangat membangun dan mensejahterakan masyarakat. "Perjuangan panjang ini perlu direnungkan agar kita tahu apa yang harus dilakukan dalam memajukan daerah ini untuk waktu yang akan datang," ujar Irwan.

Diceritakan Bupati, Kabupaten Meranti yang telah berumur 8 Tahun, lahir dari semangat untuk maju dan keluar dari kemiskinan, berpenduduk 178 ribu jiwa diawal terbentuk dengan angka kemiskinan paling tinggi, berdasarkan statistik mencapai 43 persen, telah menempatkan Kabuten Kepulauan Meranti sebagai kawasan tertinggal, terbelakang, dan terpencil. Kondisi itu diungkapkan H. Irwan menyebabkan Meranti dianggap tidak kondusif, dibuktikan dengan tingginya premanisme dan kemiskinan akibt kurangnya perhatian dari pemerintah dalam pembangunan. Dan sejak lahir dan terbnetuknya Meranti merupakan momentum dimulainya pembangunan.

Diterangkan Bupati, berkat usaha bersama tingkat kemiskinan Meranti yang mencapai 43 persen diawal terbentuk berhasil ditekan dan membuahkan hasil ditahun 2015 menjadi 33 persen, ini tentu bukan terjadi secara tiba-tiba dan bukan sebuah hadiah cuma cuma, ini berkat kerja keras pejuang Meranti dan semua pihak yang rela mengorbankan harta benda serta air mata, hingga Meranti mampu berdiri sendiri dan cepat mensejahterakan masyarakat. "Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan di Kabupaten Meranti yang berkat usaha bersama telah berhasil mengeluarkan Kabupaten Meranti dari kemiskinan. Kedepan peran ini sangat dibutuhkan mari bersatu padu mulai aparatur, pengusaha dan masyarakat sendiri.

"saya mengajak semua unsur Pemda, Instansi Verfikal, TNI, Polri bersama bahu membahu bergandeng tangan untuk membangun Meranti sesuai dengan tupoksi dan tempatnya masing," ajak Bupati.

Kepada Pegawai Negeri Sipil, Bupati menegegaskan untuk bekerja sebaik-baiknya, sesuai tupoksi dan sumpah janji PNS, menurut Bupati, kehadiran PNS dan berhasil menjadi Pejabat tak terlepas dari usaha seluruh masyarakat dan para pejuang. PNS hanya diminta bekerja dengan baik untuk menuntaskan tugas yang menjadi tanggung jawab, oleh karena itu ia meminta dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang ditargetkan.

"Jalankan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya baik PNS maupun Honor serta pegawai pendukung. Jika bekerja hanya semata-mata mendapatkan imbalan cara berdikfit ini keliru dan harus diluruskan dalam rangka mendukung pembangunan yang baik dan berkelanjutan sesuai kebijakan Nasional Provinsi dan Daerah,  PNs harus paham dengan Tupoksinya sehingga apa yang dilakukan dapat dilaksanakan sesuai dengan tanggng jawab," terang Bupati lagi.


Foto: Bupati Merant, Drs H Irwan, MSi bersama Wabup Meranti, Ketua DPRD Meranti dan pejabat lainnya disela kegiatan sempena HUT Meranti ke 8 di halaman Kantor Bupati Meranti

Diakui Bupati, saat ini banyak pekerjaan yang belum terlaksanan dengan maksimal sehingga hasilnya belum memuaskan baik dari segi Infrastruktut, Ekonomi, dan cara fikir masyarakat harus ditingkatkan. Seluruh PNS yang telah berkesempatan bekerja adalah termasuk orang yang beruntung dibanding yang lain yang belum mendapat kesempatan. Kepada semua pegawai yang berjumlah 5000-an orang bupati menekankan beberapa hal salah satunya terkait banyak ya trend PNS pindah tugas akibat terjadi penurun volume APBD Meranti yang berimbas pada berkurangnya kesejahteraan.

Hal itu bertentangan dengan janji PNS saat diterima sesuai posisi yang dilamar, dan semua PNS sudah menyadarinya. Apa yang dilakukan Pemda dengan menerima PNS dari luar mengingat sangat dibutuhkannya tenaga yang profesional, ditengah penolakan dari dalam yang sangat luar biasa karena terbatasnya pekerjaan bagi tenaga kerja lokal. Hal ini menurut Bupati harus disadari dan peluang itu hendaknya dimaksimalkan. "Saya minta berikanlah loyalitas dan kesetiaan sesuai janji saat melamar sebagai PNS di Kabuoaten Meranti, saya ajak semua merenungkan kembali," jelas Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyinggung tentang sistem rekrutmen dan penempatan pejabat di posisi strategis Pemda Kabupaten Meranti, dijelaskannya, kedepan akan disesuaikan dengan UU Aparatur Sipil Negara, melaui seleksi ketat dalam rangka menghasilkan pejabat berkwalitas agar mampu menjalankan pekerjaan pembangunan sesuai harapan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Iapun tak lupa mengucapkan apresiasi kepada PNS dan Honorer yang telah bekerja baik, dengan berhasil mengantarkan Meranti sejajar dengan Kabupaten Kota lainnya dan diperhitungkan di Indonesia. "APBD tepat waktu adalah buktinya begitu juga keberhasilan lainnya," ucap Bupati.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Instansi Vertikal, TNI, Polri, Kejaksaan, dan lainya untuk terus bergandeng bahu untuk bersama melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi dan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan semua elemen masyarakat sehingga situasi kondusif yang aman dan terkendali dalam mensejahterakan masyarakat dapat terus terjaga.

Kepada para tokoh masyarakat Bupati juga mengucapakan terima kasih atas bantaun dan dukungan dalam memberikan nasehat dan pandangan dalam membangun Kabupaten Meranti.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Meranti, H Fauzi Hasan SE mengajak masyarakat bersatu padu dalam mewujudkan Visi Kabupaten Meranti menuju Kawasan Niaga Yang Majun dan Unggul Menuju Masyarakat Madani. 

Seiring terjadinya Rasionalisasi Anggaran Ketua DPRD meminta SKPD yang ada harus menjalankan kegiatan sesuai skala prioritas yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat seraya mengajak pegawai bekerja dengan penuh tanggung jawab. Apresiasi juga disampaikan kepada Pemda Meranti atas diraihnya berbagai prestasi seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI empat kali berturut-turut, ia berharap prestasi itu terus dipertahankan demi kemajuan Meranti sekarang dan masa akan datang.

Sekedar informasi dalam upacara HUT Meranti juga dilakukan Juga dilakukan penyerahan Sagu Hati kepada Janda Pejuang Kabupaten Meranti diantaranya Ny. Rozali, Ny. Abdullah Atan, Ny. Waslim, Ny. Achmad Jeremi, Keluarga Arofin Dagang, Keluarga Arifin Zein, Ny. Muhammad, Ny. Edi Iswandi.


Foto: Bupati Meranti, Drs H Irwan, MSi saat menyampaikan sambutan di acara Kenduri kampung dalam rangka HUT Kepulauan Meranti ke 8 tahun 2016

Ribuan Warga Ikuti Kenduri Sekampung dan Tablik Akbar Sempena HUT Meranti Ke-8
Ribuan warga dari segala penjuru Kabupaten Meranti mengikuti acara Kenduri Sekampung dan Tablik Akbar yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Meranti, sempena HUT Kabupaten Meranti Ke-8 yang jatuh pada Tanggal 19 Desember 2016, bertempat di Halaman Gedung LAM, Jalan Dorak, Selatpanjang, Minggu malam (18/12/2016).

Hadir dalam acara itu Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Gubernur Riau yang diwakili Darius Husein Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Tokoh Masyarakat dan Mantan Gubernur Riau H. Wan Abu Bakar, Al-Ustadz KH. Husni Ismail MA, Ketua Badan Amil Zakat Nasional H. Tarmizi Tohor, Tokoh Pemekaran Sopian Hamzah, Jalela Wati, Ketua Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta H. Rusli Efendi, Danramil Selatpanjang, Kajari Selatpanjang, Ka. Kandepag Meranti, Kapolres Meranti, Ketua LAM, Ketua MUI, para Tokoh Mayarakat/Agama/Adat, serta ribuan masyarakat yang turut menyemarakan acara Kenduri Sekampung.

Kenduri Sekampung kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, jika tahun lalu digelar dengan berbagai penampilan artis ibu kota, tarian dan music. Kali ini agar lebih hikmat dikemas dengan mendengarkan tausiah dari Al-Ustadz dari Jakarta. Sambil mendengarkan tausiah para tamu dan masyarakat yang hadir juga dapat menikmati ribuan paket makan gratis yang telah disiapkan oleh panitia. Selain itu dalam upaya memberdayakan para pedagang, disekeliling lokasi Kenduri Sekampung juga berdiri stand tempat para pedagang menjajakan dagangan dan produk yang dapat dibeli oleh masyarakat yang hadir.

Meski tanpa penampilan artis ibu kota, tarian dan music namun  tak mengurangi kehikmatan malam HUT Meranti Ke-8 itu, terlihat hingga akhir acara masyarakat tetap memenuhi lokasi hingga berakhirnya Tausiah dari Al-Ustadz KH. Husni Ismail MA.


Foto: Wakil Bupati Drs H Said Hasyim mengikuti lomba masak mie sagu memeriahkan hari jadi ke-8 Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya Sempena HUT Kabupaten Meranti Ke-8, tokoh masyatakat Meranti H. Wan Abu Bakar, mengajak seluruh lapisan masyarakat Meranti untuk bersyukur kepada Allah atas segala kemajuan yang telah dicapai, menurutnya meski sebuah Kabupaten baru namun pembangunan di Kabupaten Meranti terlihat sangat mengeliat dan hasil kemajuan itu turut pula dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Meranti. Agar pembangunan yang diupayakan oleh Pemda Meranti semakin cepat, tak lupa mantan Gubernur Riau itu mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu membantu Pemda, demi Kabupaten Meranti yang sejahtera. 

Terakhir ia berpesan, masyarakat Meranti yang beragam terdiri dari berbagai suku dan agama, Hendaknya tidak menjadi sebuah kelemahan,  tetapi harus bisa dijadikan sebagai kekuatan untuk memajukan Meranti sekarang dan masa yang akan datang.

Sesuai dengan tema HUT Meranti Ke-8 Tahun 2016, Dengan tema "Kita Satukan Langkah Menuju Meranti yang Maju dan Unggul Dalam Tatanan Masyarakat Madani".

Bupati Kabupaten Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si, dalam kesempatan yang itu berharap Kabupaten Meranti yang selalu tenang, nyaman dan memberikan kebahagian kepada segenap masyarakat terus terjaga. Kuncinya menurut Bupati perkuat persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Meranti agar semakin maju dimasa-masa yang akan datang.

Bupati juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua tokoh yang telah memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Meranti. "Terima kasih kepada masyarakat dan semua tokoh yang telah memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Meranti," ujar Bupati, seraya mendoakan perjuangan itu diberikan balasan terbaik oleh Allah. (Adv/Andi/Humas)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...