42 Wartawan Dumai Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Loading...

DUMAI -- Sebanyak 42 wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik dan online di Kota Dumai akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai pada 30 sampai 31 Maret 2017 di Hotel Grand Zuri Dumai.

Pembukaan akan diselenggarakan Kamis (30/3/2017) dan akan dibuka langsung oleh walikota Dumai Drs H. Zulkifli AS, M.Si.

"Ya, jika tidak ada halangan, UKW akan dibuka walikota Dumai Drs H. Zulkifli AS, M.Si. Undangan sudah kita sampaikan melalui bagian Protokoler, Insyaallah jika tidak ada halangan walikota bersedia membuka kegiatan UKW," kata Ketua PWI Kota Dumai, Kambali Minggu (28/3/2017).

Terkait persiapan, sejauh ini persiapan sudah final tinggal pelaksanaannya saja. "Persiapan UKW sudah final tinggal pelaksanaannya saja 30 sampai 31 Maret 2017 di Hotel Grand Zuri Dumai. UKW diikuti 42 wartawan dari seluruh media yang ada  di Dumai baik cetak, elektronik dan media online," tambahnya.

Loading...

Peserta UKW dibagi menjadi tiga kelas, pertama MUDA untuk jenjang/tingkat reporter diikuti 28 peserta, kelas Madya untuk Asisten Redaktur dan Redaktur diikuti 7 peserta dan kelas Utama untuk Asisten Redaktur Pelaksana, Redaktur Pelaksana, hingga Pemimpin Redaksi atau Penanggung Jawab jumlah peserta 7 peserta. Tim penguji berasal dari Jakarta, Medan dan Pekanbaru yang merupakan utusan dari PWI Pusat dan Dewan Pers.

"UKW adalah program Dewan Pers yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi dan Profesionalitas wartawan, sehingga wartawan memiliki kecakapatan dan kompeten dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya," terang Kambali.

Lanjutnya, wartawan yang kompeten maka akan melaksanakan tugas  dengan baik dan taat terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Sehingga, wartawan semakin profesional dalam menjalanka tugasnya, dengan begitu wartawan tidak menjadi alat kepentingan politik dan kepentingan lainnya.

Terakhir Kambali mengatakan bahwa, UKW menghadirikan tim penguji dari Jakarta dan Medan dibantu tim dari PWI Propinsi Riau. Para penguji akan tiba di Dumai pada Rabu (29/3/2017).

Sebelumnya Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS, M.Si menyambut baik dilaksanakannya UKW guna meningkatkan profesionalitas wartawan di Dumai, terlebih Kota Dumai akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2017 tingkat Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan walikota dalam kegiatan Audiensi dengan pengurus PWI Dumai baru – baru ini dikediaman walikota. "Saya mendukung UKW yang dilaksanakan PWI Dumai, semoga wartawan Dumai lebih professional dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta taat terhadap kode etik jurnalistik," kata Walikota.

Begitu juga dengan ditunjuknya Dumai sebagai tuan rumah HPN, Pemko Dumai tentunya sangat mendukung dan siap mensukseskan HPN 2017 Propinsi Riau di Dumai. Pesan saya persiapannya perlu dimatangkan, khususnya terkait anggaran agar kegiatan dapat terlaksa dengan baik sesuai rencana.

Walikota juga berharap, sebagai tuan rumah pelaksanaan HPN 2017 Propinsi Riau mampu memberikan manfaat bagi Kota Dumai seperti dapat mempromosikan Dumai dibidang pariwisata, perindustrian, pelabuhan, perdagangan, dan bidang lainnya. (rls)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...