Pembacaan ikrar tolak berita hoax yang dipimpin oleh Ketua PWI Provinsi Riau H. Deni Kurnia dan diikuti oleh seluruh ketua dan sekretaris PWI Kabupaten Kota se Provinsi Riau disaat malam puncak peringatan Hari Pers Nasional Provinsi Riau 2017 di Dumai
Malam Puncak HPN Riau 2017

PWI Se Riau Bacakan Ikrar Tolak Berita Hoax

Loading...

DUMAI - Wartawan di seluruh kabupaten/kota Provinsi Riau membacakan ikrar menolak berita Hoax. Para perwakilan PWI di kabupaten/kota tampak membacakan ikrar secara bersama. Mereka menyatakan bahwa mereka tidak akan menyebar Hoax di media massa.

Lalu mereka berikrar untuk menjaga profesionalisme serta menjaga keutuhan NKRI. Usai membacakan ikrar, Ketua PWI Riau, Dheni Kurnia menyatakan bahwa ikrar ini adalah tindak lanjut dibentuknya Jaringan Wartawan Anti Hoax (Jawah), yang dikukuhkan di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Anggota Jaringan ini dibentuk dari berbagai latar belakang seperti Dheni Kurnia (Ketua PWI Riau), HM Harris (Bupati Pelalawan), Budhi Firmansyah (RAPP), Septina Primawati Rusli (Politisi), Eka Putra Nazir (Sekjen PWILRiau). Mereka menyatakan siap menolak berita Hoax.

Bahkan 7 Mei ditetapkan sebagai Hari Anti Hoax di Provinsi Riau. Maka PWI Riau pun terus berupaya meningkatkan kompetensi wartawan. Apalagi PWI sudah lolos verifikasi dari 27 organisasi wartawan di Indonesia. Dua organisasi lain juga dinyatakan lolos seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Loading...

Dijelaskannya, selain meningkatkan kompetensi wartawan, dewan pers juga melakukan verifikasi terhadap keberadaan media massa. Kini SPS tengah melakukan verifikasi media cetak. Sedangkan media online rencananya verifikasi dilakukan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Pada kesempatan itu, Dheni juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintahan Kota Dumai dalam penyelenggaraan HPN. Rencananya tahun 2018 mendatang, HPN tingkat Provinsi Riau digelar di Kabupaten Pelalawan. Sebelumnya, tahun 2016 silam HPN tingkat Provinsi Riau sukses digelar di Kabupaten Kuantan Singingi.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengapresiasi kegiatan HPN di Kota Dumai. Zul AS menyebut bahwa kerjasama PWI Dumai dan PWI Provinsi Riau dalam mempersiapkan HPN di Dumai sangat solid. Sehingga serangkaian kegiatan sukses digelar.

Ketua Panitia HPN 2017 Tingkat Provinsi Riau, Eka Putra Nazir mengatakan bahwa serangkaian kegiatan digelar pada HPN tahun ini. Seperti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti oleh 39 peserta. Mereka yang dinyatakan lulus ada 34 orang. Artinya tingkat kelululusan di atas 94 persen.

"Kelulusan ini adalah tertinggi pada UKW yang digelar di kabupaten/kota," ujar Eka.

Selain itu, dalam rangkaian HPN di Dumai digelar kegiatan Jalan Sehat serta Deklarasi Masyarakat Riau Anti Hoax. Sebelumnya juga digelar bakti sosial, safari jurnalistik dan aneka lomba semarak HPN 2017. (rls)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...