Kepala Disdukcapil Dumai Suardi SSy sedang memperlihatkan Kartu Identitas Anak (KIA)

Pemko Dumai Jadi Percontohan Program KIA di Riau

Loading...

DUMAI (WR) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai menjangkau daerah pinggiran untuk melayani pengurusan program Kartu Identitas Anak (KIA) dengan sosialisasi ke sekolah dan kantor kelurahan.

"Khusus daerah pinggiran diimbau bagi anak baru lahir agar KIA langsung diurus di saat membuat akta kelahiran dan kita mengunjungi sejumlah sekolah untuk sosialisasi," kata Kepala Disdukcapil Dumai Suardi di Dumai, Selasa (25/7/2017).

Suardi mengatakan pelayanan KIA untuk di Dumai sudah dimulai sejak Januari 2017 dan hingga kini sudah menyalurkan sekitar 22 ribu keping KIA pada anak.

Pemerintah Dumai ditunjuk jadi percontohan program KIA di Provinsi Riau berdasarkan penilaian tim Kemendagri dan target awal 5.000 keping sudah tercapai pada Juli 2017.

Loading...

Kepemilikan KIA sebagai identitas diri anak hingga berusia 17 tahun dan dokumen administrasi kependudukan untuk keperluan pengurusan berbagai bidang misalnya pendidikan, layanan kesehatan, perbankan dan lainnya.

"Pencapaian 22 ribu keping KIA ini diapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan urutan enam besar dari 50 kabupaten kota di Indonesia," sebutnya.

Dumai diaugerahi penghargaan Percepatan Cakupan Akta Kelahiran Anak Kategori Madya yang diserahkan Menteri P3A Yohana Susana Yembise pada Wali Kota Zulkifli As dalam peringatan Hari Anak Nasional, Sabtu (22/7/2017) yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo di Pekanbaru Riau.

Agar setiap anak Dumai memiliki KIA, Suardi mengimbau orangtua untuk mengurus ke kantor pelayanan pemerintah dengan membawa akta kelahiran dan kartu keluarga dengan tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As menyatakan rasa bangga atas prestasi ini dan berharap instansi terkait terus meningkatkan pelayanan dan mempertahankan pencapaian kinerja baik itu.

Prestasi itu menurutnya berkat kerja keras dan kesigapan Disdukcapil berinisiatif turun ke lapangan guna sosialisasi langsung ke tengah masyarakat dan melayani dengan sepenuh hati.

"Dinas Kependudukan agar terus  memberikan pelayanan administrasi penduduk dengan baik dan profesional, karena berkat kerja keras akhirnya mendapat penghargaan dari pemerintah pusat," sebut wali kota. (ra)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...