Mobil Perpustakaan Keliling Saat Mengunjungi Lokasi

Bangun Minat Baca Masyarakat Melalui Layanan Mobil Perpustakaan Keliling

Loading...

DUMAI - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai terus berupaya sosialisasi tentang pentingnya membaca buku serta agar buku bacaan yang dimiliki dapat mudah diakses berbagai lapisan masyarakat. Bentuk sosialisasi tersebut salah satunya melalui keberadaan layanan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) yang siap berkunjung ke sekolah dan kelurahan serta sejumlah tempat setrategis di tujuh kecamatan Kota Dumai.

Upaya mengoptimalkan armada layanan MPK ini juga sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat dibidang perpustakaan dan langkah meningkatkan minat baca di tengah masyarakat kota Dumai. 

Layanan MPK ini merupakan kepanjangan tangan dari Layanan Dispersip Kota Dumai sebagai upaya pemerintah Kota Dumai dalam menumbuhkan minat dan budaya baca masyarakat.

Kegiatan MPK yang dilaksanakan oleh Dispersip Kota Dumai ini merupakan upaya sinergi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, dalam hal ini pelayanan perpustakaan keliling sebagai alternatif untuk pemasyarakatan budaya baca.

Loading...

Ratusan koleksi buku tersedia di perpustakaan keliling, lalu keberadaan perpustakaan keliling juga berpindah-pindah dengan tujuan untuk membangun minat baca maupun mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

Kepala Dispersip Kota Dumai, Suryanto SP mengatakan, perpustakaan keliling merupakan salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan nonformal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan masyarakat.

"Layanan MPK ini terus dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat, agar mereka dapat memanfaatkan perpustakaan keliling sebagai suatu sarana pengembangan pengetahuan masyarakat dengan banyak membaca," Ungkap Suryanto SP beberapa waktu lalu.

MPK juga dapat menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Kota Dumai, meskipun di daerah terpencil sekalipun. Suryanto mengaku sudah menyusun jadwal kunjungan MPK ke seluruh wilayah terpencil yang ada di Kota DUmai. Bahkan layanan MPK menyasar pada para pelajar, mahasiswa dan umum.

"Jadwal sudah disusun, nantinya untuk sekolah yang terpencil akan mendapatkan jatah kunjungan MPK, dan ini akan digilir setiap harinya, sasaran kita tidak hanya sekolah terpencil, namun mahasiswa dan masyarakat umum," ungkapnya.

Dikatakannya, buku bacaaan yang disiapkan sangat bermanfaat karena banyak mengandung keilmuan yang bisa diterapkan masyarakat. Dicontohkannya, banyak sekolah yang sudah dikunjungi mengaku antusias dan menyambut baik ada perpustakaan keliling ini.

Setelah merasakan manfaat dari membaca buku yang disajikan, terutama hal ini sesuai dengan kebutuhan informasi masyarakat. "Satu lembar saja membaca selama 15 menit, sudah ada ilmu yang dapat," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Anto pun kembali mengajak masyarakat untuk gemar membaca, mengingat banyak manfaat yang dapat merangsang pembaca untuk menggali informasi lebih banyak. Begitu juga dengan Dispersip Kota Dumai, lebih terdorong untuk membentuk semacam kota literasi, yakni sebuah pusat perpustakaan.

”Dimana buku-buku yang isinya berkaitan dengan kegiatan masyarakat setempat, setelah dibaca kemudian dipelajari materinya, dan bisa dipraktekkan dan dikembangkan, Contohnya bacaan tentang pertanian,” terangnya.***

(Adv/Adv)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...