Perpustakaan Tugu Lancang Kuning Unik, Kadis Persip Provinsi Riau Dorong Taman Wisata Baca Jadi 'Center Of Excellence'

Loading...

DUMAI - Apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai dengan adanya Perpustakaan terletak di dalam Tugu Lancang Kuning yang berada di kawasan Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR Soebrantas, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Dumai.

Apresiasi ini disampaikan Kadis Persip Provinsi Riau, Dr Hj Rahima Erna, M.Si saat meninjau perpustakaan yang terletak di tengah taman tersebut. Peninjaun ini dilakukan usai menggelar kegiatan Bimbingan dan Pengawasan Arsip di Kota Dumai serta membuka secara resmi kegiatan Mobilisasi Informasi Pelayanan Kearsipan di Aula sekolah SMA 2 Negeri Dumai.

"Pepustakaan yang disini unik, saya baru nemukan ya di Riau. Terletak di tengah taman kota tiap sorenya ramai masyarakat yang berkunjung untuk menikmati keindahan taman kota dan berkumpul bersama keluarga," ungkapnya dengan haru, Selasa (03/04/2018).

Perpustakaan Tugu Lancang Kuning layak dan nyaman dimanfaatkan masyarakat Dumai untuk membaca buku, bersantai sambil menikmati suasana taman kota. Ia Berharap masyarakat Dumai bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disuguhkan oleh Pemko Dumai tersebut dengan baik.

Loading...

Dengan rajin dan gemar membaca bagi masyarakat Kota Dumai sebagai percepatan Dumai sebagai kota cerdas dan mengantarkan kota ini duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi di Indonesia.

Selain itu, Ia juga meminta Dispersip Kota Dumai juga membenahi dan meningkatkan pelayanan untuk menarik minat pengungjung untuk berkunjung ke Perpustakaan Tugu Lancang Kuning.

Menyediakan ruang membaca yang nyaman dan terus melengkapi koleksi buku. Dengan tesedianya ruang membaca yang nyaman di Tuggu ini tentungan diharapkan dapat memuaskan orang datang.

"Dengan keunikan Perpustakaan ini, saya mendorong perpustakaan ini dijadikan Media Center (Pusat Informasi) bagi masyakarat Kota Dumai, karena memiliki tempat yang strategis berada di tengah taman Kota. Taman Kota menjadi Center Of Excellence (Pusat Layanan Unggulan)," pintanya.

Tidak hanya itu, Rahima meminta Dispersip Dumai segera koordinasi dengan Dispersip Provinsi Riau untuk membuat Pustaka Digital berbasis Mobile. Disana semua tersedia dengan lengkap dan bisa diakses melalui Handphone.

Kadis Persip Kota Dumai Suryanto, mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Kadis Persip Provinsi Riau Dr Hj Rahima Erna M.Si saat meninjau Perpustakaan Tugu Lancang Kuning yang menilai perpustakaan tersebut unik dan baru menemukan di Riau.

Selain itu, Ia juga menyambut baik ide yang diberikan Kadis Persip Provinsi Riau, meskipun dengan keterbatasan anggaran OPD yang dipimpinnya, namun dirinya optimis untuk melakukan perubahan guna mencapai tujuan meningkatkan minat baca masyarakat Dumai dan menjadikan Taman Wisata Baca menjadi Taman Kota Center Of Excellence sebagaimana yang dicanangkan Kadis Persip Provinsi Riau.

"Anggaran Dispersip dianggap besar, padahal Dispersip harus membina 15 kelurahan, tentunya ada honor dan itu tidak bisa masuk dalam suatu kegiatan karena merupakan rutinitas untuk orang menjaga perpustakaan, tapi untuk pembinaan yang lebih itu seperti kita yang ingin bangun seperti ini (Perpustakaan Tugu Lancang Kuning) itulah kondisinya (keterbatasan anggaran), sebenarnya di kelurahan kita buat perpustakaan seperti ini," tutup Suryanto.***

(Adv/Adv)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...