Photo : Halloriau

Ini Pesan Wako Dumai Saat Puncak Peringatan HANI

Loading...

DUMAI - Wali Kota Dumai Zulkifli AS tegaskan bahwa bahaya narkotika sudah mengkhawatirkan semua pihak, dan perlu keseriusan dalam memerangi barang terlarang ini, terutama di kalangan pelajar.

Pesan ini disampaikan Wako Dumai Zulkifli As dalam puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Dumai, Kamis (12/7/2018) bertema "menyatukan dan menggerakkan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan narkoba, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tanpa narkoba".

"Narkoba sudah masuk ke kalangan pelajar, dan sebagai orang tua yang bercita-cita anak-anak lebih baik, namun kenyataan generasi sudah disusupi dengan kenakalan remaja, seks bebas dan narkoba," kata wali kota.

Melihat kondisi ini, masyarakat apakah harus berdiam diri atau menyuruh orang lain seperti aparat, karena kalau tidak dicegah dari keluarga tentu berakibat fatal mengingat aparat terbatas. DIharapkan upaya yang dilakukan kepada anak-anak berupa penyuluhan bisa sampai karena badan narkotika nasional ada keterbatasan dan sosialisasi tidak maksimal.

Loading...

"Perlu keterlibatan semua pihak, dan khusus untuk pelajar, minimal dalam sebulan diadakan sosialisasi, dan di tiap kelurahan juga siaga narkoba diawali dari RT melibatkan seluruh masyarakat, dan minimal jaga lingkungan keluarga, jangan menunggu sudah terkena baru panik," sebut Zul As.

Sementara, Ketua BNN Kota Dumai AKBP Tamrin Parulian menjelaskan, penyalahgunaan narkoba adalah kejahatan luar biasa, karena bisa melumpuhkan kekuata bangsa, dan hendaknya semangat pemberantasan narkoba digelorakan.

Indonesia, lanjutnya, terbuka menjadi pangsa pasar karena banyaknya pintu masuk ilegal, juga banyak permintaan dan mahalnya harga menjadi pangsa pasar bagi jaringan narkoba internasional.

"Penyalahgunaan semakin meningkat tidak hanya anak, tapi seluruh lapisan masyarakat dan jabatan, muncul jenis jenis narkoba baru menjadi hambatan dalam memahami peredaran narkoba," kata Thamrin pada pers.

Penanggulangan diperlukan kerjasama, penambahan personel dan anggaran, tindakan memberikan kekebalan terhadap masyarakat, juga pendekatan hukum yang tegas dan terukur, pengurangan dampak buruk penggunaan narkoba mengurangi dampak terhadap kesehatan. (mcr/mcr)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...