Ilustrasi Hewan Kurban. (Foto : Borneo24.com)

DKPP Dumai Awasi Sesehatan Hewan Kurban

Loading...

DUMAI - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai menyebut bahwa jumlah hewan kurban disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah diperkirakan sebanyak 2 ribuan ekor, dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim pengawas dibentuk.

Pelaksana tugas Kepala DKPP Dumai Nuzerwan mengatakan, dua ribuan ekor hewan kurban sapi dan kambing ini berasal dari berbagai tempat pengumpulan peternak lokal Dumai, dan dilakukan pengecekan untuk memastikan kesehatan hewan.

“Sudah dibentuk tim pengawas di semua kecamatan, dan saat ini masih bekerja mengecek kesehatan hewan kurban agar tidak ada yang berpenyakit,” kata Nuzerwan, Jumat (16/7/2021).

Dijelaskan, tim pengawas terdiri dokter dan paramedis hewan ini akan bekerja selama 15 hari sebelum dan sesudah hari raya kurban, baik di lokasi pengumpulan maupun penyembelihan.

Loading...

Karena Pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19, lanjutnya, DKPP pada Tahun 2020 lalu tidak melakukan pendataan hewan kurban, namun di tahun ini kembali didata untuk kepentingan pemeriksaan kesehatan kurban.

Diperkirakan hewan kurban untuk Idul Adha 1442 H sebanyak 2.000 ekor ini terdiri 1.600 Sapi dan 400 Kambing, dengan jumlah petugas pengawas 50 orang yang menyebar ke semua kecamatan.

“Saat pemotongan hewan kurban tim juga akan mengawasi untuk mengantisipasi adanya temuan penyakit, agar langsung dikendalikan dan tidak dikonsumsi masyarakat,” ujar Sekretaris DKPP ini.

Sebelumnya, Walikota Dumai Paisal saat memimpin rapat persiapan menyambut Idul Adha dan Qurban 1442 H pada Senin (5/7) mengatakan bahwa pemberian hewan kurban harus Ikhlas dan berasal dari pribadi masing-masing tanpa adanya paksaan.

“Saya berharap kepala organisasi perangkat daerah bisa memaksimalkan penyerahan hewan kurban dengan tidak ada paksaan serta dari uang pribadi pegawai,” kata Paisal. (jok)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Berita Terkait

Loading...
Loading...