Peserta Antusias Dengarkan Penjelasan saat Pra UKW di PWI Riau

Loading...

PEKANBARU - Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kegiatan ini digelar di Hotel Hollywood Pekanbaru, mulai 19-21 Swptember 2022 di Hotwl Hollywood, Pekanbaru.

Para peserta yang terdiri dari wartawan dari Kota Pekanbaru dan luar kota terlihat antusias mengikuti prosesi pra UKW yang dipaparkan oleh Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang. Berbagai pertanyaan terkait materi uji besok, menjadi perhatian pertanyaan para peserta.

Ketua SPS Riau, Khairul Amri mengatakan, UKW merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan pers. Menurutnya, dalam perusahaan pers, unsur utama adalah wartawan yang memproduksi berita.

Karena dalam perusahaan itu ada wartawan yang memproduksi berita. Hanya wartawan yang berkompeten yang bisa membuat berita yang baik. Kalau beritanya bagus, maka bagus pula medianya," ujar Khairul, saat memberikan sambutan saat pra UKW yang dilaksanakan di Gedung PWI Riau, Jalan Arifin Achmad, Senin (19/9/2022).

Loading...

Ia menyebut, wartawan merupakan unsur penting dalam sebuah media. Karena itu, pihaknya bersama menggelar UKW dengan menggandeng PWI Riau.

Dikatakannya, UKW ini merupakan program SPS tahun ini. Ia berharap agar program ini diadakan setiap tahunnya.

"Program ini setiap tahun bisa dilaksanakan. Kami berterimakasih kepada PWI cabang riau yang berkenan menjadi partnership kota dalam melaksanakan UKW," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, sangat menyambut baik kegiatan yang digelar SPS ini. Dengan adanya UKW maka semakin banyak wartawan di Riau yang berkompeten.

Dikatakannya, pada tahap pra UKW ini adalah kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Dalam pra UKW ini, peserta akan diberi materi terkait UKW.

"Jadi, pra UKW ini boleh bertanya kepada pemateri. Silahkan tanya tentang UKW. Karena kalau sudah ujian tidak bisa tanya lagi," ucap Zulmansyah.

"Sekarang boleh tanya, apa pun boleh ditanya. Tapi kalau besok (ujian) tidak bisa. Silahkan tanya terkait UKW," ulasnya.

Disisi lain, dirinya menyebut, anggota PWI masih banyak yang belum UKW. Ada sekitar 500 lebih anggota PWI yang belum UKW.

"Di PWI masih ada sekitar 500 lebih yang belum UKW," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya menjadwalkan Oktober atau November mendatang PWI kembali menggelar UKW. In sha Allah Oktober atau November PWI bisa gelar UKW lagi," pungkasnya.

Diketahui, pada UKW ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari 6 orang peserta UKW Madya dan 24 orang UKW muda. (rilis)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...