Sidak di Mini Market, Disperindag Sebut Bagansiapiapi Nihil Makanan Kadaluarsa

BAGANSIAPIAPI - Menjelang tahun baru imlek 2567, Dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag) Rohil melakukan Sidak kesejumlah mini market, swalayan,toko dalam di ibukota kabupaten. Sidak ini rutin dilaksanakan dalam menghadapi hari-hari besar dengan tujuan agar Produk yang beredar benar-benar aman dan layak dikonsumsi.

"Sidak ini kita lakukan dalam upaya untuk memastikan produk yang beredar dipasaran aman untuk dikonsumsi sekaligus memantau produk yang sudah tidak layak edar,karena selama ini ada isu yang beredar bahwa adanya beberapa mini market yangmasih menjual produk yang kadaluarsa,"kata Kadisperindag Rohil, H Syafruddin HS S Sos Msi, Selasa (2/2) di Bagansiapiapi.

Diakuinya, untuk menjamin berbagai produk makanan dan minuman yang beredar dipasaran pihaknya secara rutin menurunkan tim kelapangan untuk melakukan pengawasan.

"minimal 3 bulan sekali kita melakukan pengawasan, bila dijumpai ada produk kadaluarsa yang masih dijual oleh pemilik atau pengelola mini market itu, maka akan kita lakukan penyitaan dan pemusnahan, "tegasnya.

Dilanjutkan, Dalam menertibkan berbagai produk makanan dan minuman pihaknya sering kali memberikan peringatan dan kelonggaran bagi pemilik mini market agar produk yang sudah kadaluarsa tidak dijual atau dikembalikan keagennya.

"Apabila tidak juga diindahkan maka barulah kita lakukan penyitaan dan pemusnahan terhadap produk yang membahayakan masyrakat tersebut,"terangnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan yang juga memimpin sidak, Rafizal Spi mengatakan kalau hasil dari sidak yang dilakukan tidak ada ditemukan produk yang sudah kadaluarsa.

"Alhamdulillah sejauh ini belum ada ditemukan produk kadaluarsa yang beredar, hal ini tentunya tidak terlepas dari pembinaan yang telah kita berikan, "ujarnya.

Selain melakukan sidak dimini market diwilayah ibukota Kabupaten, pihaknya dalam minggu ini juga akan turun melakukan hal yang sama dikecamatan Kubu, Bagan Sinembah, Pasir Limau Kapas (Palika) dan Simpang Kanan. Tidak tertutup kemungkinan sidak juga akan kita dilakukan di Alfamart dan indomaret.

"kita akan sidak seluruh pusat perbelanjaan, karena biasanya dihari-hari besar seperti imlek ini takutnya dimanfaatkan pedagang untuk menyelipkan produk- produk yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi,"pungkasnya***(said/adv)

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan kirim email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan