Puskesmas Panipahan Targetkan Semua Posyandu Layani Lansia

Loading...

BAGANSIAPIAPI - Hingga saat ini 5 dari 7 Kepenghuluan di Kecamatan Pasir Limau Kapas sudah melaksnakan Posyandu kusus Lanjut Usia (Lansia) setiap Bulannya. Pihak Puskesmas Panipahan menargetkan semua Desa bisa melaksanakannya. Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Panipahan dr Hj Netty Juliana, Snein (22/2/2016) di Bagansiapiapi.

"Kita sangat apresiasi pada ibu ketua TP PKK di 5 kepenghuluan tersebut seperti Teluk Pulai, Panipahan Darat, Panipahan Laut, Panipahan Kota, dan Pulau Jemur karena bisa menggerakkan kadernya bekerja ikhlas mengumpulkan para lansia diwilayahnya.'' kata Netty.

Kegiatan di Posyandu Lansia ini masih seputar pemeriksaan kesehatan timbang berat badan, tinggi badan, penyuluhan dan pengobatan serta pemeriksaan darah yaitu cek gula darah, asam urat, kolesterol, dan pemeriksaan HIV dengan menggunakan strip yang hasilnya beberapa menit bisa diketahui.

Setelah menjalani proses dari meja satu sampai dengan meja tiga lansia diberikan makanan tambahan oleh kepala puskesmas bubur atau telur ayam rebus.

Loading...

"Saya selaku kepala puskesmas sekaligus dokter yang memeriksa kesehatan mereka dalam program posyandu lansia ini, kegiatan ini saya inovasi dan laksanakan dikecamatan ini karena kasian melihat para lansia yang tentunya membutuhkan dana transportasi jika berobatnya kepuskesmas'' ujarnya.

Pihak Puskesmas masih mempunyai tantangan dan kendala saat pelaksanaan ada daerah yang para lansia laki-laki sungkan datang karena memang kami semua petugasnya perempuan ini terjadi di Kepenghuluan Panipahan Kota, Panipahan Darat dan Pulau Jemur.

Untuk tahun ini Netty bercita-cita jika sudah 7 kepenghuluan melaksanakan posyandu lansia ini akan memberikan kegiatan keterampilan agar posyandu ini lebih maju dan dipandang orang meskipun sudah lansia ternyata lansia ada kreatifitasnya.

Pada pelaksanaan posyandu lansia di Panipahan Kota jumat 19 Februari lalu dihadiri oleh ibu sekdesnya Sumini Zulkarnaen, dan saya menyerahkan alat penunjang pelaksanaan kegiatan berupa timbangan, pengukur tinggi badan, tensi meter dan Stetoskop secara simbolis pada ibu sekdes dan kedua kadernya bu Tuminah dan bu Butet.

"Mudah mudahan pelan-pelan kedepan semua pos bisa saya bantu peralatan yang sama. Semua ini tentunya tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak seperti ibu TP PKK kepenghuluan, ibu kader, keluarga lansia dan lansia itu sendiri.''pungkas Netty***(said/adv)

Loading...

Follow Dan Ikuti Kami






WahanaRiau.com
di Google+
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...
Loading...