Paripurna PAW, Pangkat Purba Resmi Dilantik Menggantikan Eri Sumarni

Paripurna PAW, Pangkat Purba Resmi Dilantik Menggantikan Eri Sumarni

PEKANBARU – DPRD Kota Pekanbaru gelar sidang paripurna istimewa pengucapan sumpah atau janji Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Pekanbaru sisa masa jabatan 2014-2019 dari Partai Demokrat atas nama Pangkat Purba SH, menggantikan anggota DPRD Kota Pekanbaru yang sebelumnya dijabat Eri Sumarni. Senin (05/06/2017).

Sementara Eri Sumarni melalui telpon selulernya mengatakan kepada wahanariau.com  berharap agar pelantikan Pangkat Purba dibatalkan karena cacat hukum, sebagai kader partai Demokrat Eri Sumarni merasa dizalimi. “Jangan dilakukan penzaliman terhadap kader yang sah secara UU duduk di DPR,” katanya kesal.

Namun saat diwawancara Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan bahwa PAW semua sudah melalui proses yang panjang selama 2 (dua) tahun dan dasar untuk melakukan PAW sudah berdasarkan keputusan Mahkamah Partai Demokrat. "Selama 2 tahun proses PAW sudah dilakukan, dan ini berdasarkan Keputusan Mahkamah Partai Demokrat," ungkap Firdaus.

Dikatakan Firdaus, keputusan untuk PAW itu sudah melalui prosedur yg sesuai aturan hukum yg berlaku, bukan muncul begitu saja. Ada tahapan yang dilalui, mulai dari partai, mahkamah partai, KPU, Gubernur hingga dilakukan pelantikan.

''Bahkan juga beliau (Eri Sumarni,red) sudah sampai melakukan banding hingga ke Pengadilan. Dan juga gugatan di PTUN Artinya, seluruhnya sudah sesuai proses," ungkap Firdaus.

Dikatakan Firdaus, seandainya di PTUN itu gugatan Eri Sumarni dimenangkan, maka akan ditinjau lagi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketika disinggung kalau kesalahan Eri Sumarni sebagai kesalahan yang terkesan dibesar-besarkan, Firdaus menyebutkan ada beberapa hal yang oleh partai dan itu juga sudah dibahas hingga ke mahkamah partai yang dianggap menyalahi dan itu dilakukan oleh Eri SUmarni. 

''Ada, pasti ada, jadi bukan dibesar-besarkan, itu adalah aturan partai dan sudah dijelaskan kepada seluruh kader. Salah satunya ya itu, soal tidak boleh berkoalisi dengan kader partai lain, itu salah satunya,'' kata Firdaus.

Firdaus pada kesempatan itu juga tidak lupa menyampaikan terima kasih atas kontribusi yang telah diberikan Eri Sumarni sebagai anggota DPRD dari Fraksi Demokrat.

Firdaus juga mengucapkan selamat dan tahniah atas dilantiknya Pangkat Purba sebagai anggota DPRD Kota Pekanbaru, yang diharapkan dapat menjadi penerima dan penyampai aspirasi masyarakat Kota Pekanbaru.

''Kita berharap Pak Pangkat Purba bisa memberikan kontribusi lebih baik lagi untuk mendukung kemajuan pembangunan Kota Pekanbaru menuju Smart City,'' harap Firdaus

Sementara itu, Pangkat Purba mengatakan dirinya akan bekerja secara maksimal sebagaimana mestinya agar tugas-tugas yang sudah diemban selama ini dapat ditingkatkan kedepannya.

"Saya akan bekerja dengan maksimal dan siap untuk mendukung serta mengikuti apa yang telah diprioritaskan oleh fraksi Partai Demokrat. Semoga fraksi Partai Demokrat bisa eksis lagi dalam mengemban tugas di DPRD Kota Pekanbaru," jelasnya.

Saat disinggung apa yang akan dilakukan dirinya terhadap daerah pemilihan (Dapil) Pekanbaru 1, Purba mengatakan akan membenahi yang sebelumnya belum terbenahi oleh pendahulunya dan akan sempurnakan serta perhatikan segala aspirasi masyarakat.

"Kita akan membenahi apa yang belum terbenahi sebelumnya di Dapil saya, sesuai dengan sumpah dan janji yang telah saya sampaikan tadi, dan pastinya saya juga meminta dukungan dari masyarakat," tutupnya.(fer)

Berita Lainnya

Index